CIANJUR

Ngaco Kelola Dana Desa, Masyarakat Laporkan 10 Desa

RADARSUKABUMI.com, CIANJUR – Inspektorat Daerah (Irda) benar-benar kebanjiran aduan pada 2018. Selama periode tahun kemarin, sedikitnya ada 10 desa di tujuh kecamatan dilaporkan masyarakat akibat tak benar mengelola alias melakukan penyelewengan bantuan Dana Desa (DD).

Sekretaris Irda Kabupaten Cianjur, Asep Suhara mengatakan, laporan dari masyarakat didominasi mengenai DD paling rentan. Laporan yang masuk di antaranya Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung, Sukanagara, Cijati, Cibeber, Cilaku dan Cianjur. “Saat ini yang sudah dilaporkan baru sekitar 10 desa,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan setiap tahun. Sistemnya secara reguler ke seluruh desa yang ada di Cianjur. Secara garisnya besarnya, pemeriksaan sesuai dengan SOP atau tugas pokok dan fungsi dengan sasaran utama atau pekerjaan yang dibebankan.

Ia mengkalim, tahun ini justru pengaduan menurun. Sebelumnya tahun 2017 lalu lebih dari 15 desa laporan dari masyarakat, padahal dari satu tahun sebelum-sebelumnya ada sekitar 80 hingga 100 desa setiap kali pemeriksaan. “Nah, jangka satu tahun itu kita selalu memeriksa atau memantau perkembangan mengenai anggaran DD dan lainnya ke seluruh desa ada di Cianjur,” pungkasnya kepada Radar Cianjur.

Asep menyambungkan, kalau memang ada desa bermasalah sebaiknya masyarakat segera melakukan pengaduan, khususnya terkait anggaran bantuan. “Kalau tidak ada pengaduan harus ditindaklanjuti bagimana? Jadi, kan perlu data kebenarannya seperti apa,” paparnya, kemarin.

ia menjelaskan, pada 2018 ada kasus yang sudah ditangani Polres Cianjur yaitu Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara, Cianjur Selatan. “Tapi katanya minggu-minggu ini Kejaksanaan Negeri (Kejari) Cianjur mau masuk, mengenai pengaduan atau laporan itu tergantung reaksi masyarakatnya. Kalau berdiam diri dan cuek maka tidak akan banyak laporan sehingga sulit untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

(mat/radarcianjur)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button