informasi sukabumi

Kuku Kamu Ada Garis Putih? Ini Artinya

RADARSUKABUMI.com – Kuku merupakan bagian tubuh yang tak terpisahkan. Kuku akan selalu tumbuh dan Anda akan memotongnya, dan bahkan mungkin mengecatnya.

Namun pada kenyataannya, kuku bisa memberi gambaran tentang kesehatan secara keseluruhan. Jika ada sesuatu yang terjadi di tubuh, maka kuku bisa mulai berubah, kadang-kadang membentuk punggung bukit.

Garis-garis yang menjalar dari bagian bawah kuku hingga ke ujung adalah bentuk paling umum di kuku, memengaruhi sekitar 20 persen orang dewasa.

“Dalam sebagian besar kasus, itu hanya pertanda penuaan,” kata Ivy Lee, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di berbasis di Pasadena, California, seperti dilansir laman MSN, Rabu (27/5).

Kuku sebagian besar terbuat dari keratin, protein yang juga ditemukan di rambut dan lapisan luar kulit.

Dengan cara yang sama bahwa kulit menjadi kering dan rambut terasa lebih kasar, kuku juga berubah seiring bertambahnya usia karena tubuh memiliki waktu yang lebih sulit untuk mempertahankan kelembaban.

“Tetapi jika Anda melihat perubahan lain pada kuku, seperti kuku berubah warna, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter,” jelas Dr. Lee.

Dalam kasus yang jarang terjadi, tonjolan di kuku bisa menjadi tanda anemia, rheumatoid arthritis, atau masalah kardiovaskular.

Garis tunggal di tengah kuku, misalnya, bisa menjadi pertanda bahwa Anda kekurangan nutrisi seperti protein atau asam folat.

Garis tunggal pada kuku yang juga dikenal sebagai garis Beau, bisa menandakan penyakit atau hanya sisa dari cedera lama Anda.

Namun, kadang-kadang, garis Beau ini menunjukkan penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, atau paronikia kronis (infeksi pada lipatan kuku yang membuat kulit bengkak dan merah), jadi periksalah kulit dan ujung jari Anda apakah ada tanda kemerahan dan ruam.(fny/jpnn/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button