Kisah Perjalanan BlackBerry Berakhir

BlackBerry
Ilustrasi: Ponsel BlackBerry yang pernah sangat terkenal akhirnya disuntik mati. (TheVerge)

JAKARTA — Jauh sebelum era Android dan iOS menjadi dominan seperti sekarang, BlackBerry sempat di atas awan. Smartphone yang terkenal dengan layanan pesan singkat BlackBerry Messengers atau BBM itu pernah sangat jaya sekitar 10 tahun lalu.

Kemudian, iOS melalui perangkat iPhone dan sistem operasi (OS) Android menjadi semakin terkenal lewat berbagai merek ponsel yang membawanya, nama BlackBerry pelan-pelan ditinggalkan. Kini, kisah BlackBerry atau BB juga sudah resmi berakhir.

Nama BB resmi menghilang untuk selamanya pada Selasa (4/1) lalu setelah beberapa waktu sebelumnya layanan BBM sempat ditutup terlebih dahulu. Ponsel dengan papan ketik fisik bergaya QWERTY itu pernah berjaya sebelum dilibas oleh kehadiran iPhone dan Android.

Mulai hari ini, Rabu (5/1) ponsel BlackBerry tidak dapat melakukan panggilan telepon, mengirim teks, menerima data hingga menghubungi nomor darurat.

Tahun lalu, BlackBerry mengatakan akan menyuntik mati seluruh layanan lawasnya, termasuk dukungan untuk sistem operasinya sendiri seperti perangkat lunak BlackBerry 10 pada awal 2022. Dan kini, masa itu tiba.

BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya. Dengan demikian, jajaran ponsel lawas BlackBerry yang sempat hits pada tahun 2010-an seperti BlackBerry Bold, Torch, Curved, hingga Z10 tidak bisa lagi digunakan.

Dijelaskan di laman resminya, penghentian layanan dan infrastruktur ini juga akan berdampak pada fungsionalitas untuk aplikasi, seperti Enhanced Sim Based Licensing (ESBL) / Identity Based Licensing (IBL), alamat email yang dihosting BlackBerry, dan BlackBerry Link.

Layanan BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, serta BlackBerry Protect yang memungkinkan user untuk mengunci, menemukan atau menghapus BBOS dari jarak jauh juga demikian, dipastikan mati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *