Google Catat Kenaikan Trafik Ramadan

RADARSUKABUMI.com – Google baru saja merilis insight dan tren terbaru mengenai kebiasaan konsumen Indonesia selama Ramadan. Berdasar data yang didapat, terjadi kenaikan untuk penelusuran seputar pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan. Trafik pencarian tersebut malahan rata-rata naik sampai 40 persen bila dibandingkan dengan hari dan bulan-bulan biasa.

Penelusuran untuk pakaian tercatat mengalami lonjakan pencarian lebih dari 40 persen. Kemudian penelusuran lainnya yakni seputar perjalanan juga demikian, meningkat 40 persen. Di lain tempat ada pencarian terkait makanan dan kecantikan meningkat hingga lebih dari 30 persen dan 20 persen. Penelusuran untuk doa, ceramah, dan zakat juga naik signifikan selama bulan puasa.

Bacaan Lainnya

“Ramadan adalah bulan spiritual. Pada bulan ini juga konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa,” ucap Ariani Dwijayanti, insights specialist di Google Indonesia dalam keterangan resminya.

Selain itu, mode dan kecantikan juga termasuk dalam kategori utama yang ikut meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia ingin tetap tampil maksimal selama Ramadan. Data penelusuran untuk gaya rambut naik 2-3 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Terlebih lagi, data di Google Trends juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan produk-produk kecantikan yang halal, termasuk kuteks halal, kosmetik halal, dan lip tint halal.

Kebutuhan untuk terlihat sempurna juga tampak dari jenis video yang ditonton di YouTube, terutama video bertema keagamaan, seperti lagu-lagu keagamaan, pembacaan ayat suci Alquran, dan ceramah agama Islam. Video yang berhubungan dengan makanan juga ramai dikunjungi, misalnya, tutorial memasak, tutorial membuat kue, dan vlog makanan. Tak ketinggalan channel kecantikan, seperti tutorial hijab, make-up yang tahan lama, dan tips-tips make-up untuk pemula juga banyak menjadi perburuan netizen selama Ramadan.

(ian)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *