Sri Mulyani: APBN Bisa Jadi Alat Menjaga Ekonomi Indonesia

RMOL TEGAS: Menkeu Sri Mulyani berbicara di Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020 di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dinilai punya peran vital bagi bangsa dan negara Indonesia. Termasuk menjaga ekonomi Indonesia terhadap perubahan cepat di level global. Begitu dikatakan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati saat berbicara di Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020: Mengawal Akuntabilitas Keuangan Negara di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

Terdapat dua persoalan pokok yang harus diselesaikan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mengoptimalkan pendapatan negara dalam APBN 2020. Seluruh persoalan tersebut butuh kebijakan strategis dari pemerintah.

Bacaan Lainnya

Terutana, menurut Sri Mulyani, adalah soal bagaimana melakukan efisiensi biaya produksi untuk meningkatkan produktivitas perekonomian nasional.

“Kebijakan yang semuanya akan menentukan kemampuan ekonomi untuk menghasilkan output, outcome, dengan hasil yang positif dan biaya seefisien mungkin,” ujarnya.

Sri juga menyebut bahwa APBN memiliki peran vital bagi negara. Terutama terkait dengan tiga fungsi pokok APBN yaitu alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

“Dan pada saat yang sama bisa menjadi alat menjaga ekonomi dan masyarakat Indonesia dari tantangan dan gejolak, baik yang sifatnya eksternal mauoun internal,” tandasnya.

 

(rmol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan