Semarang Siap Dilewati Pemudik

JAKARTA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis jalan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Semarang sepanjang 150 km siap untuk dilewati arus mudik pada 30 Mei 2018. Pemudik yang melalui tol fungsional nanti tidak dikenai tarif.

Dari total panjang jalur fungsional 150 km, 132 km sudah berlapis beton (rigid). Sisanya 18 km masih berupa aspal. Basuki melakukan pengecekan mulai Brebes Timur hingga Kartasura Sabtu (26/5).

Bacaan Lainnya

“Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang, insya Allah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap,” kata Basuki.

Meski demikian, masih ada titik hambatan di jalur fungsional. Yakni, pada situs jembatan Kali Kuto di Kecamatan Gringsing, Batang. Karena konstruksinya yang rumit, PUPR memperkirakan jembatan rangka baja tersebut baru bisa dilalui pada H-2 Lebaran.

Untuk mengantisipasi arus mudik yang datang sebelum jembatan rampung, Kementerian PUPR bersama pengelola PT Jasamarga Semarang-Batang telah menyiapkan rute pengalihan lalu lintas. “Nanti kendaraan diarahkan keluar Gringsing untuk melintasi Kali Kuto. Cuma 500 meter, setelah itu masuk lagi,” ungkapnya.

Jalur fungsional akan berakhir di gerbang tol di Krapyak, Semarang. ”Untuk arus balik akan lebih lancar karena jembatan sudah bisa dilalui,” imbuh Basuki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *