Pasar.id Cara Baru Belanja di Pasar Cisaat Sukabumi Lebih Mudah Pakai BRI, Begini Caranya

Pasar.id
BRI BLUSUKAN: Pinca BRI Sukabumi, Duta Okki Wicaksono (dua kanan) bersama MBM Didi Ardiwinata dan AMBM Ujang Yudaswara dan Kepala Unit Pasar Cisaat, Ati Mulyati mensosialisasikan pasar.id sambil menunjukkan kode QRIS yang ditempel di lapak-lapak pedagang Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jumat (2/9/2022).

SUKABUMI – Di era teknologi modern saat ini, belum semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan transaksi digital dalam mendukung usaha mereka.

Hal itu menjadi alasan kuat bagi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Sukabumi untuk terus mendorong para pedagang di pasar tradisional, agar mampu dan cepat beradaptasi melalui transaksi perdagangan digital menggunakan aplikasi pasar.id.

Bacaan Lainnya

Pasar.id merupakan marketplace yang dikembangkan BRI untuk mempertemukan penjual dan pembeli di pasar-pasar tradisional secara digital. Aplikasi tersebut terus digaungkan Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Sukabumi, Duta Okki Wicaksono dalam rangkaian kegiatan kerjasama digitalisasi Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi dengan BRI Kanca Sukabumi berbarengan dengan kegiatan Tawuran Dana Grebeg Pasar Cisaat #Gerakan Punya Rekening BRI yang dilakukan tim BRI Unit Cisaat, pada Jumat (2/9/2022).

Tawuran Dana Pasar Cisaat
GREBEG PASAR: Kegiatan sosialisasi digitalisasi Pasar Cisaat berbarengan dengan Tawuran Dana Grebeg Pasar Cisaat #Gerakan Punya Rekening BRI oleh BRI Unit Cisaat.

Pantauan Radar Sukabumi pagi-pagi sekali usai memimpin doa bersama para pegawainya di kantor cabang, orang nomor satu di BRI Kanca Sukabumi itu tidak segan blusukan keluar masuk pasar untuk mensosialisasikan pasar.id kepada masyarakat Sukabumi.

Ditemani Manajer Bisnis Mikro (MBM) Didi Ardiwinata, para Asisten Manajer Bisnis Mikro (AMBM) yakni Imam Fitcandi, Ujang Yudaswara dan Yedi P Juandi, kepala unit (Kaunit), mantri dan tim, Duta menyapa langsung para penjual dan pembeli yang ada di Pasar Cisaat.

Sebelumnya, hal serupa juga dilakukan orang nomor satu di bank plat merah itu di Pasar Pelita Kota Sukabumi bersama istri Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang akrab disapa ‘Si Cinta’, Atalya Praratya Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Bahkan Si Cinta yang juga Duta Pasar Rakyat Jawa Barat (Jabar) terang-terangan menyatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung digitalisasi pasar yang digencarkan BRI. Dibuktikan dengan ajakannya kepada masyarakat Sukabumi, untuk memanfaatkan pasar.id, apalagi dengan adanya layanan QRIS BRImo.

Pinca BRI Sukabumi, Duta Okki Wicaksono menyampaikan, BRI secara konsisten terus melakukan optimalisasi layanan perbankan digital di pasar melalui berbagai produk dan layanannya.

“Bagi pasar yang dominasi transaksinya jual beli, BRI telah menghadirkan pasar.id sebagai cara baru belanja di pasar dengan lebih mudah, cepat dan aman yang pada akhirnya dapat menggerakkan ekonomi masyarakat kembali,” jelasnya.

Dengan pasar.id ini nasabah BRI atau masyarakat Sukabumi tidak perlu lagi repot datang ke pasar untuk berbelanja. Masyarakat tinggal klik www.pasar.id semua kebutuhan sehari-hari sudah ada dalam web tersebut. Termasuk para pedagang di Pasar Cisaat dan jenis dagangannya sudah lengkap tersedia di aplikasi pasar.id ini.

“Kami menginterpretasikan pasar.id adalah aplikasi dari BRI, bapak dan ibu tidak usah repot datang ke pasar untuk urusan belanja, tinggal klik www.pasar.id dan setelah itu menunggu barang pesanan diantar sampai rumah,” kata Duta.

Dalam manfaatkan pasar.id ini sangat mudah dan pasti masyarakat bisa, apalagi dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini.

“Kita tinggal buka www.pasar.id kemudian login via HP atau Desktop PC,” terangnya.

Kemudian login dengan user dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya, atau daftar akun bila belum memiliki akun (untuk mempermudah login atau daftar akun, dapat menggunakan akun Gmail yang sudah terdaftar).

Baru setelah login berhasil pilih ikon Profile di kanan atas-Profile-Setting Alamat (+alamat baru di kanan bawah)- isi alamat pengiriman dan nomor WA aktif. Pada menu utama, scroll ke bawah temukan menu Pasar Terdekat–> Lihat Semua–> Pasar Cisaat Kabupaten Sukabumi–> Pilih/Klik–>pilih produk yang akan dibeli – tentukan jumlah – tambah ke Keranjang. Setelah itu, pilih ikon Tas Belanja di kanan atas, klik Beli, pilih alamat pengiriman dan jam pengiriman, pilih “Pesan Sekarang”.

Selanjutnya akan tersambung ke WA Admin Pasar untuk konfirmasi pemesanan. Setelah muncul tagihan, maka lakukan pembayaran sesuai arahan pada WA Admin tersebut.

“Untuk konfirmasi pengiriman barang belanjaan, kita dapat menyesuaikan waktu, bisa siang atau sore hari. Tentu ini sangat memudahkan pembeli ketika masih ada urusan atau keperluan diluar rumah dan ini kita pastikan aman,”tuturnya.

Ketika ditanya Radar Sukabumi tentang berapa pasar yang sudah memanfaatkan pasar.id? Pria ramah ini menyebutkan sampai hari ini pasar di wilayah kerja BRI Kanca Sukabumi yang sudah memanfaatkan pasar.id ini berjumlah 26 pasar.

“Di BRI Kanca Sukabumi ini untuk pasar unggulan memang hanya satu, yaitu Pasar Cisaat, namun untuk pelaksanaan pasar.id sudah ada 26 pasar yang tersebar di Kota dan Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Kepala Unit Pasar Cisaat, Ati Mulyati menyambut baik sosialisasi digitalisasi transaksi yang dilakukan BRI Sukabumi.

“Saya menyambut baik peluncuran pasar.id, terimakasih BRI Sukabumi yang telah mendigitalkan Pasar Cisaat. Dengan pasar.id transaksi menjadi mudah cash less dan membantu masyarakat berjualan aman sekaligus membantu menggerakkan perekonomian. Pasar.id dapat meningkatkan keterampilan pedagang dalam mengembangkan usahanya,” ucap Ati.

Paham benar jika pasar.id ini dapat membantu meningkatkan omset pedagang pasar melalui transaksi digital, Ati yang juga alumni STIE PGRI Sukabumi itu langsung mensosialisasikannya kepada para pedagang yang membuka lapak di Pasar Cisaat.

“Oiya banyak manfaatnya kalau kita akses pasar.id ini belum lagi bisa mengakses QRIS BRI, saya dan petugas BRI siap melakukan pendampingan pedagang melalui gerakan non tunai salah satunya melalui penggunaan QRIS untuk memudahkan transaksi pembayaran,” katanya.

Sementara itu, pemilik PD Buah Jaya Ismet Setiawan dan pedagang daging sapi Didin Saepudin mengaku senang dengan adanya layanan digital dari BRI.

“Selama ini kami jualan di Pasar Cisaat menggunakan cara konvensional yaitu dengan menggunakan uang tunai, dan ada kekurangannya yakni belanja dengan uang tunai itu rawan sekali terhadap uang palsu. Alhamdulillah dengan adanya pasar.id ini para pedagang terbantu dan semakin aman, cepat dan mudah dalam transaksi. Kami juga nasabah di BRI Unit Cisaat dan puas karena layanannya yang bagus dan cepat dalam proses kredit juga,” pungkas Ismet dan Didin. (sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.