Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya

Pebalap Astra Honda Arbi Aditama
Pebalap Astra Honda Arbi Aditama

Jakarta – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama mendapat kesempatan untuk merasakan kompetitifnya persaingan balap dunia Moto3, di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, pada 25-26 Mei 2024. Ini adalah kesempatan pertama buat Arbi balap Moto3 di kejuaraan dunia di benua Eropa.

Pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) ini memiliki catatan yang baik di sirkuit Catalunya. Tahun lalu, ia berhasil menapaki podium pertama saat bersaing di FIM JuniorGP.

Bacaan Lainnya

Seri Catalunya merupakan kesempatan kedua Arbi turun sebagai wildcard di ajang Moto3 World Championship, di mana tahun lalu ia juga bersaing sebagai wildcard di sirkuit Mandalika, Lombok dan berhasil finish di posisi ke-17. Arbi akan bersaing dengan pebalap-pebalap level dunia bersama Honda Team Asia.

“Saya sangat senang atas kesempatan menjadi pebalap Moto3 World Championship di Catalunya. Terima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team, dan Honda Team Asia. Saya sempat cidera dan melewati dua putaran balap di FIM JuniorGP, namun saya bersyukur dapat mengikuti balapan berikutnya di Catalunya, satu minggu sebelum jadwal GP. Saya akan berusaha sebaik mungkin membanggakan Indonesia di GP Catalunya,” ujar Arbi.

Arbi yang saat ini bersaing di FIM JuniorGP merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2019. Menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Arbi memulai karir balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun. Potensi yang menjanjikan pun ia tunjukkan, sehingga Arbi mendapat kesempatan untuk bersaing di ajang FIM JuniorGP hingga saat ini memasuki musim keduanya di persaingan balap tersebut.

Pebalap Astra Honda Arbi Aditama
Pebalap Astra Honda Arbi Aditama

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan semangat Satu Hati menjadi landasan untuk terus mendukung pebalap muda Tanah Air meraih mimpi di ajang balap dunia. Potensi Arbi dalam bersaing di lintasan balap diyakini dapat memberikan kebanggan bangsa di ranah balap internasional.

“Kemampuan Arbi di lintasan balap baik dari segi kemampuan balap, fisik, maupun mental semakin terasah. Kami yakin ia dapat bersaing dengan gigih dan kompetitif saat berhadapan dengan pebalap-pebalap Moto3 World Championship yang sudah berpengalaman. Mari kita dukung Arbi untuk mengharumkan nama bangsa,” ujar Andy.

Selain Arbi, dalam ajang kejuaraan balap dunia ini pun juga terdapat alumni AHRS lainnya yakni Mario Suryo Aji yang bersaing secara reguler di kelas Moto2 World Championship bersama Honda Team Asia. Seri Catalunya, Spanyol ini memiliki peluang sebagai momen comeback pemuda asal Magetan, Jawa Timur ini setelah absen di seri Le mans, Perancis karena menjalani operasi lengan.

Kesempatan sebagai pebalap wildcard maupun pebalap reguler di kelas Moto2 dan Moto3 di ajang balap dunia ini telah dilakoni jajaran alumni AHRS. Selain Arbi dan Mario, di antaranya pebalap yang bersaing di ajang ini ialah Andi Farid Izdihar yang biasa dikenal sebagai Andi Gilang dan Gerry Salim. Saat ini, alumni AHRS lainnya pun tengah berjuang di ajang kompetisi bergengsi lainnya seperti Asia Talent Cup dan Asia Road Racing Championship. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *