Okupansi Hotel di Sukabumi Naik 300 Persen

Hotel Augusta Palabuhanratu
Pelataran Hotel Augusta Palabuhanratu dipenuhi kendaraan para tamu hotel.

SUKABUMI – Tingkat hunian (okupansi, red) hotel di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1443 hijriah mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun lalu.

Pantauan Radar Sukabumi di sejumlah hotel berbintang di kawasan wisata laut ini pun mengalami lonjakan drastis pada jumlah tamu hotel, seperti yang dialami Hotel Augusta Palabuhanratu.

Bacaan Lainnya

Manager Hotel Augusta Palabuhanratu Hedi Firmansyah mengatakan, tingkat hunian kamar di hotelnya pada libur Lebaran tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup drastis dibandingkan tahun lalu yang masih dalam pandemi Covid-19.

Bahkan Hedi menyebutkan jika kenaikan mencapai 300 persen dibandingkan libur Lebaran tahun kemarin.

“Perbedaannya sangat terasa sekali dibandingkan tahun sebelumnya, untuk liburan Lebaran tahun ini memberikan andil cukup besar di sektor pariwisata khususnya usaha jasa hotel huniannya cukup baik dari hari pertama Lebaran sampai sekarang kita full karena kunjungannya wisata laut Palabuhanratu ini overload dari jumlah pengunjung wisatawan pada biasanya,” terang Hedi kepada Radar Sukabumi, Minggu (8/5).

Dirinya pun tidak memungkiri jika melonjaknya tingkat hunian kamar hotel di libur Lebaran tahun ini lantaran adanya pelonggaran terhadap peraturan pembatasan sosial. Pelonggaran aturan pembatasan ini menyebabkan aktivitas perekonomian dan mobilitas masyarakat mulai berangsur normal.

Hal tersebut terlihat dari sektor pariwisata, terutama perhotelan menjelang Lebaran yang mulai menggeliat. Tidak hanya itu, libur Lebaran tahun ini cukup panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini jelas naik, signifikan malah. Karena tahun lalu kan itu sedang PPKM. Semua kegiatan masyarakat dibatasi,” ucapnya.

Bahkan untuk pemesanan kamar di hotelnya tersebut banyak wisatawan yang melakukan pemesanan satu bulan sebelumnya. Adapun untuk hunian ini mulai ramai sejak hari pertama Lebaran hingga nanti batas akhir cuti Lebaran.

Disinggung soal harga, Hedi menambahkan di libur Lebaran ini ada kenaikan hingga 20 persen. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.