Ingatkan Dunia Industri Hindari Business Shock

JAKARTA – Era ekonomi digital turut mempengaruhi perubahan berbagai model bisnis. Untuk itu, Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M.

Hanif Dhakiri mengingatkan dunia industri untuk menyiapkan strategi transformasi industri agar bisnisnya tidak mengalami business shock/guncangan.

Hal ini disampaikan Menteri Hanif saat menjadi narasumber diskusi dalam rangkaian acara Halalbihalal yang diselenggarakan DPN APINDO di Jakarta Selatan.

“Kita harus buat strategi atau skema perubahan dalam dunia industri sehingga kita mampu mengantisipasi dampak negatif dalam era ekonomi digital,” kata Menteri Hanif.

Kelengahan dunia industri dalam mengantisipasi, sebut Menteri Hanif, dapat menyebabkan dunia industri terjebak dalam business shock. Business shock ini meliputi 2 hal. Pertama, industrial shock.

“Jangan sampai industri kalah bersaing, tidak relevan dalam era perubahan yang cepat, dan akhirnya tutup,” ujar Menaker.Kedua, manpower shock. Hal ini dikarenakan ekonomi digital turut mempengaruhi karakter pekerjaan di masa depan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *