Harga Telur Kerek Kota Sukabumi Alami Inflasi

Pedagang Telor Sukabumi
Pedagang telur di salah satu pasar tradisional Kota Sukabumi melayani konsumen.

SUKABUMI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi mencatat, pada Juni 2023 Kota Sukabumi mengalami inflasi sebesar 0,16 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 115,04 pada Mei 2023 menjadi 115,22 pada Juni 2023.

Kasi Distribusi Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi Sri Rachmawati mengatakan, perkembangan harga berbagai komoditas pada Juni 2023 secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan hasil pemantauan BPS di Kota Sukabumi, pada Juni 2023 terjadi inflasi sebesar tingkat inflasi mtm sebesar 0,16 persen dan tingkat inflasi ytd sebesar 1,68 persen,” imbuh Sri kepada Radar Sukabumi, Minggu (16/7).

Menurutnya, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,53 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,24 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,01 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,14 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,13 persen dan kelompok perawatanpribadi dan jasa lainnya sebesar 0,22 persen.

“Sedangkan yang mengalami deflasi atau penurunan nilai indeks adalah kelompok transportasi sebesar 0,36 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga; Kelompok Informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, sedangkan kelompok pendidikan dan penyedia makanan dan minuman/restoran tidak mengalami perubahan harga atau indeks,” terangnya.

Bila dilihat dari komoditas dominan yang memberikan sumbangan inflasi tahunan pada Juni 2023 adalah bensin, angkutan dalam kota, rokok kretek filter, beras, kue kering berminyak, tongkol diawetkan, telur ayam ras, rokok putih, kangkung, bahan bakar rumah tangga, tahu mentah dan komoditas lainnya.

Sementara beberapa komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi bulanan pada Juni 2023, antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, ketimun, jeruk, bawang putih,tongkol diawetkan, cabai merah, bawang merah, cabai rawit, jagung manis, sawi hijau, garam, ikan asin sepat, baju muslim wanita dan sawi
putih/pecay/pitsai. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *