Harga Cabai di Kota Sukabumi Anjlok Rp10 Ribu

pedagang pasar Kota Sukabumi
Sejumlah pedagang salah satu pasar Kota Sukabumi, saat berjualan

SUKABUMI — Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, mencatat harga komoditas Cabai merah besar TW di Pasar Tradisional dan Modern Kota Sukabumi, anjlok hingga Rp10.000 per kilogram.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, M. Rifki mengatakan, bahan pokok yang saat ini mengalami perubahan harga yakni, Cabai merah besar TW turun dari Rp70.000 jadi Rp60.000, Cabai merah besar lokal turun dari Rp60.000 jadi Rp50.000 dan Cabai rawit hijau turun dari Rp40.000 jadi Rp35.000 per kilogram.

Bacaan Lainnya

“Ya, kalau melihat dari data yang ada harga cabai mengalami penurunan Rp10.000 per kilogramnya,” kata Rifki kepada Radar Sukabumi, Kamis (2/5).

Menurutnya, penurunan harga terjadi disinyalir akibat jumlah permintaan konsumen lebih sedikit dibandingkan jumlah pasokan. “Dalam beberapa hari terakhir, permintaan dari masyarakat berkurang. Sementara, jumlah pasokan dari para petani meningkat hingga berdampak terhadap penurunan harga,” paparnya.

Rifki menjelaskan, Diskumindag terus berupaya untuk menjaga kelangsungan pasokan komoditas cabai dan terus berkoordinasi instansi terkait dan pedagang agar pasokan tetap mencukupi dan harga tetap stabil.

“Kami selalu berkomunikasi dengan instansi terkait dan pedagang untuk memastikan pasokan terjaga dengan baik. Kami juga akan melakukan pemantauan harga secara rutin agar tidak terjadi lonjakan yang signifikan,” cetusnya.

Ia menambahkan, Diskumindag memastikan pasokan di pasar tradisional maupun modern hingga saat ini terpantau aman. “Jumlah pasokan kami pastikan hingga saat ini masih cukup aman,” tutupnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *