Fokus Jaga Kualitas Kerja

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi C. Falah Rakhmatiana mengatakan, khusus cakupan semesta terlaksananya Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan semesta wilayah Kota Sukabumi pada 1 April 2018, merupakan bukti kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntasnya para Duta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi.

“Dalam semangat peringatan hari ulang tahun ke-50 ini, kami memaknainya sebagai momentum untuk terus menjaga kualitas kerja terbaik, sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan yang terbaik pula untuk peserta JKN-KIS,”ucap Falah kepada Radar Sukabumi, Senin (16/7).

Bacaan Lainnya

Sejak beroperasi 1 Januari 2014 hingga akhir 2017, pihaknya mengklaim program JKN-KIS secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Antara lain di bidang ketenagakerjaan, program ini berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja sebesar 1,45 juta orang di 2016 dan akan meningkat jadi 2,56 juta orang pada 2021.

Selain itu Program JKN-KIS mampu berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan, dengan cara mencegah 1,18 juta orang (tahun 2015) dan 1.16 juta orang (2016) yang berada di atas garis kemiskinan untuk tidak jatuh miskin, serta mencegah 15,9 juta orang (2015) dan 14,5 juta orang (2016) yang telah miskin untuk tidak semakin terpuruk ke kemiskinan yang semakin dalam.

“Sepanjang 2017 BPJS Kesehatan mencatat kinerja operasional,”kata Falah. Antara lain opini auditor eksternal atas laporan keuangan adalah Wajar Tanpa Modifikasian (WTM), hasil review BPKP atas penerapan tata kelola yang baik (Good Governance) mendapatkan skor 85,63 mencapai target dengan predikat baik. Juga kanal pembayaran iuran semakin luas, mencapai 678.172 titik tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Sejumlah penghargaan pun telah diberikan oleh berbagai pihak kepada BPJS Kesehatan, sepanjang 2017. Seperti Indonesian Customer Satisfaction Award sebagai The Best in Achieving Total Customer Satisfaction oleh SWA Network, Unit Kearsipan Terbaik Tingkat Nasional oleh ANRI, Top IT on National Impact 2017, Top IT Implementation on Social Insurance Sector 2017 oleh Itech, dan Penghargaan sebagai Lembaga Pemerintah dengan Komitmen Pengembangan Organisasi Terbaik oleh PPM.

 

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *