5 Bahaya Tidur Menggunakan Headphone, Bisa Infeksi Telinga

Ilustrasi tidur menggunakan headphone
Ilustrasi tidur menggunakan headphone-Pixabay/ sweetlouise-Pixabay/ sweetlouise

JAKARTA —  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, sekitar 1 miliar anak muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran karena kebiasaan mendengarkan musik atau suara digital melalui earphone saat tidur.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah bahaya menggunakan headphone saat tidur.

Bacaan Lainnya

Bahaya Tidur Menggunakan Headphone

1. Penumpukan Kotoran Telinga

Bahaya menggunakan headphone/ headset saat tidur yang pertama adalah penumpukan kotoran telinga. Masalah ini dapat terjadi saat kamu menggunakan headset terlalu masuk ke dalam telinga.

Penggunaan headset yang terlalu masuk ke dalam dapat menghambat sirkulasi udara di dalam telinga sehingga membuat kotoran terdorong ke dalam gendang telinga. Dalam jangka panjang, kotoran telinga dapat menumpuk dan sulit untuk dibersihkan.

2. Nekrosis

Berikutnya, ada Nekrosis yang juga menjadi salah satu bahaya menggunakan headphone saat tidur. Terutama, jika headphone yang kamu pakai ukurannya tidak pas. Sebab, bagian headset yang tidak pas tersebut dapat merusak jaringan di sekitar lubang telinga.

Nekrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan kematian jaringan. Jika hal ini terjadi di bagian telinga, jaringan di sekitarnya dapat rusak.

3. Infeksi Telinga

Infeksi telinga juga akan menghantuimu jika menggunakan headset yang ditempatkan langsung ke dalam liang telinga. Hal ini lantaran dapat menghalangi aliran udara dan meningkatkan kemungkinan infeksi di telinga.

Penggunaan earphone dengan jangka panjang juga meningkatkan pertumbuhan bakteri. Bakteri tersebut, pada penggunaan yang rutin dapat menginfeksi telinga.

Pos terkait