Ini Doa Nabi Muhammad SAW Memohon Rezeki yang Baik

berusaha mencari rezeki sesuai yang Allah ridhoi
Ilustrasi, berusaha mencari rezeki sesuai yang Allah ridhoi- Towfiqu barbhuiya-Unsplash

JAKARTA — Nabi Muhammad SAW telah memberikan sinyal dengan aktivitasnya di pagi hari, yakni memohon agar mendapatkan rezeki yang baik dan dijauhkan rezeki yang buruk. Setiap muslim selalu memulai aktivitas paginya dengan berdoa dan berharap di hari tersebut, ia bisa mendapatkan sesuatu yang baik.

Sesuatu yang kita dapatkan disebut rezeki. Hanya saja, bagaimana cara kita mendapatkannya terbaik menjadi dua, yakni cara yang baik atau cara yang buruk. Syariat Islam mengajarkan agar seorang muslim berprilaku baik, termasuk dalam berusaha mencari rezeki yang diridahoi Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Sebagai contoh ketika memulai sesuatu kita dianjurkan untuk selalu mengucapkan ‘Bismillah’. Meski terdengar singkat, namun makna yang terkandung dalam ucapan atau kata ‘Bismillah’ ini memiliki faidah yang sangat besar.

Bismillah artinya dengan menyebut nama Allah. Di sini seorang muslim telah dimengadukan dirinya kepada Allah bahwa segala aktivitasnya menjadi sebuah ibadah. Tentu harapannya aktivitas tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan diridhoi Allah SWT. Syukur-syukur apa yang dikerjakannya membuahkan hasil yang baik.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan seorang muslim yang baik agar selalu mengucapkan doa. Terutama di pagi hari. Terdapat amalan yang sangat dianjurkan di waktu spesial ini dengan membaca doa yang tak pernah terlewatkan Nabi Muhammad semasa hidupnya.

Doa tersebut ialah;

“Ya Allâh! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima”

Sebagaimana dilansir Disway.id dari Almanhaj.or.id, dijelaskan bahwa terdapat beberapa fiadah yang sangat penting diketahui dari doa tersebut.

Tujuannya adalah untuk menguatkan keimanan seseorang dengan doa tersebut kepada Allah SWT. Pasalnya di dalam sebuah hadist disebutkan, Allah SWT mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan seorang muslim, selama dia fokus, penuh harap dan mengetahui isi kandungan doa yang diucapkannya.

Allah SWT itu sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Jika hambanya berprasangka baik, maka Allah SWT pun akan baik.

Berikut faidah dari penjelasan doa di atas;

Do’a termasuk diantara do’a yang dibaca pada dzikir pagi.

Syaikh Abdurrazaq hafizhahullâh mengatakan bahwa orang yang merenungi do’a yang agung ini, dia akan dapati bahwa sangat tepat dan cocok membaca do’a ini diwaktu pagi setelah menunaikan shalat Shubuh. Karena pagi hari adalah permulaan hari dan seorang Muslim tidak memiliki keinginan lain kecuali meraih tujuan dan maksud agung yang disebutkan dalam hadits di atas. Jika disadari, maka tentu hatinya akan semakin terfokus dan langkah-langkahnya semakin mantap.

Beliau juga mengatakan bahwa membaca do’a ini bukan sekedar untuk menetapkan dan mengingat tujuan hidupnya tapi lebih dari itu yaitu membuktikan tadharru’nya dan ketergantuangnya kepada Allâh Azza wa Jalla.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan