Penelitian Minum Air Sambil Berdiri Ternyata Bisa Bikin Tulang Patah

Minum Sambil Berdiri Bisa Bikin Tulang Patah!---Pixabay
Minum Sambil Berdiri Bisa Bikin Tulang Patah!---Pixabay

JAKARTA — Pernahkah Anda mendengar ungkapan ‘Jangan minum air sambil berdiri, tulang bisa patah’?.

Meskipun kedengarannya seperti mitos tua, tetapi kini penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa kepercayaan tersebut mungkin ada benarnya.

Sebuah studi mengevaluasi efek hidrasi dan mempertahankan postur tegak pada berbagai pengukuran komposisi tubuh menggunakan penganalisa bioimpedansi modern.

Studi ini melibatkan dua puluh orang sehat yang mengambil bagian dalam penyelidikan silang secara acak. Mereka mengalami dua kondisi: satu di mana mereka minum 11 mL/kg air selama lima menit (kondisi air) dan satu lagi di mana mereka tidak meminumnya (kondisi kontrol).

Melansir dari laman Sportskeeda, pengukuran bioimpedansi dilakukan setiap 10 menit selama satu jam, sementara individu tetap tegak. Hasilnya mengungkapkan bahwa konsumsi air meningkatkan impedansi lengan tetapi tidak mempengaruhi badan atau kaki secara signifikan.

Namun, kedua kondisi tersebut menunjukkan penyimpangan impedansi kaki dari waktu ke waktu, dengan nilai yang menurun. Menariknya, tidak ada perbedaan signifikan dalam cairan tubuh yang diamati antara kedua kondisi tersebut, tetapi kandungan H2O tubuh total dan intraseluler sedikit menurun dari waktu ke waktu pada kedua kelompok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *