Nyeri Sakit Gigi, Ini Cara Meringankan dengan Bahan Alami

4 Langkah Jitu Meredakan Nyeri Sakit Gigi dengan Bahan Alami---Freepik
4 Langkah Jitu Meredakan Nyeri Sakit Gigi dengan Bahan Alami---Freepik

JAKARTASakit gigi dapat dianggap sebagai salah satu kondisi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Meskipun kebanyakan keluhan sakit gigi bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi sulit untuk diabaikan.

Sakit gigi terjadi ketika saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi menjadi teriritasi. Infeksi gigi, kerusakan gigi, cedera, atau kehilangan gigi adalah beberapa penyebab umum dari sakit gigi.

Bacaan Lainnya

Namun, jangan khawatir, ada beberapa alternatif pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi sakit gigi menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di dapur atau rumah.

Menurut laman Times of India, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi secara cepat:

1. Garam dan Air

Salah satu cara untuk meredakan rasa sakit dan efek infeksi adalah dengan menggunakan larutan garam. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Gunakan larutan ini untuk berkumur selama sekitar 30 detik sebelum memuntahkannya. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Garam dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di dalam mulut.

2. Teh Peppermint

Mengoleskan pasta pepermin atau menyeduh teh kental dari daun peppermint dapat membantu mengurangi rasa sakit di sekitar gigi atau gusi.

Teh peppermint juga dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan memberikan efek mati rasa ringan.

3. Minyak Cengkeh

Oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelkan pada area yang sakit selama 15 menit.

Minyak cengkeh memiliki sifat analgesik alami yang membantu mengurangi rasa sakit gigi.

4. Kunyit

Untuk mengobati sakit gigi, buatlah pasta sederhana dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta ini langsung pada area yang sakit. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu meredakan rasa sakit gigi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *