Kelopak Mata Gatal, Ini 4 Cara Ampuh Sembuhkan

Cara Ampuh Sembuhkan Kelopak
Cara Ampuh Sembuhkan Kelopak Mata Gatal--Pixabay/PublicDomainPictures

JAKARTA — Kelopak mata terkadang sering alami gatal-gatal secara takterduga. Perlu anda ketahui, kelopak mata yang gatal bisa disebabkan karena eksim hingga mata kering.

Namun anda tidak perlu khawatir, padalnya gatal-gatal pada kelopak mata bisa disembuhkan dengan cara mudah.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah cara mengatasinya:

1. Kompres mata dengan air dingin

Mengompres kelopak mata dengan air dingin bisa mengurangi rasa gatal dan bengkak pada kelopak mata. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu merendam handuk bersih dengan air dingin, lalu peras kelebihan air pada handuk.

Letakkan kompres di bagian kelopak mata yang gatal selama 15 menit dan ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

2. Kompres mata dengan air hangat

Selain kompres dingin, Anda juga bisa mengompres dengan air hangat untuk meredakan rasa gatal pada kelopak mata. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan kompres dingin, yaitu dengan merendam handuk ke dalam wadah berisi air hangat, kemudian peras dan letakkan handuk pada kelopak mata yang gatal.

Rendam kompres dengan air hangat kembali setiap 5 menit dan lakukan selama 15–30 menit.

3. Cuci mata dengan air atau cairan saline

Kelopak mata gatal yang disebabkan oleh alergi atau paparan bahan yang memicu iritasi dapat diatasi dengan mencuci mata sebagai pertolongan pertama. Anda bisa menggunakan air dari keran atau cairan saline untuk membersihkan mata dari pemicu alergi atau bahan iritan yang menempel pada kelopak mata.

4. Gunakan alat pelembap udara

Udara yang kering juga sering menyebabkan atau memperburuk gejala mata kering, sehingga kelopak mata menjadi gatal. Kondisi seperti ini umumnya dialami saat berada di dalam ruangan ber-AC untuk jangka waktu lama.

Alat pelembap udara bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Dengan menggunakan alat ini, udara di sekitar Anda akan menjadi lebih lembap dan tidak kering sehingga kelopak mata tidak mudah gatal.

5. Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata dapat melembapkan mata dan mengatasi mata kering. Tak hanya itu, obat tetes mata juga bisa meredakan rasa gatal dan mengurangi bengkak pada kelopak mata gatal akibat alergi.

Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang bisa dibeli bebas di pasaran, biasanya obat ini akan memiliki label dengan fungsi yang berbeda, misalnya obat tetes mata untuk mata kering atau alergi mata.

Pastikan pula pemakaiannya dilakukan sesuai petunjuk pada kemasan. Gangguan lainnya pada mata

Selain kelopak mata gatal, adanya juga masalah pada mata yang biasa dialami. Apalagi masuk umur 40 tahunan, dimana seseorang bisa saja mengalami beberapa masalah mata yang perlu diwaspadai.

Pos terkait