Ingin Ginjal Anda Sehat, Kurangi 4 Makanan Ini

Penyebab Masalah Ginjal.
Penyebab Masalah Ginjal. (Image oleh Mohamed Hassan dari Pixabay) --

JAKARTA — Indonesia kini tengah dihantui oleh penyakit gagal ginjal akut misterius yang menyerang pada anak balita (1-5 tahun). Berdasarkan laporan, kasus gagal ginjal akut di Indonesia sudah mencapai 241 kasus.

Dari total keseluruhan sebanyak 133 orang dinyatakan meninggal dunia. Penyakit gagal ginjal akut sendiri bisa dicegah dengan memilah makanan yang hendak dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dianggap sebagai makanan penyebab gagal ginjal.

Bacaan Lainnya

Berikut jenis makanan penyebab gagal ginjal yang dilansir dari Alodokter:

1. Garam atau Natrium

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam (natrium/sodium) boleh saja. Hanya saja, jumlahnya perlu dibatasi, yaitu tidak lebih dari 2000 mg sodium setiap harinya. Batas asupan sodium yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan ginjal tersebut setara dengan 1 hingga 1,5 sendok teh garam per hari.

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, ginjal perlu bekerja lebih keras untuk membuang natrium. Meningkatnya beban kerja ginjal inilah yang dapat merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

2. Protein

Protein pada dasarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan tulang, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan massa otot.

Namun, jika jumlah yang dikonsumsi melebihi kebutuhan, protein justru berpotensi merusak ginjal. Saat tubuh mendapat asupan protein dari makanan, protein tersebut akan diolah melalui proses metabolisme.

Proses ini akan menghasilkan zat sisa atau limbah yang nantinya akan dibuang dari dalam tubuh oleh ginjal. Mengonsumsi terlalu banyak makanan berprotein tinggi akan membuat beban kerja ginjal meningkat karena harus membuang lebih banyak zat sisa metabolisme protein.

3. Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, gula darah yang tinggi lama-kelamaan dapat menyebabkan insulin sulit bekerja. Akibatnya, Anda bisa mengalami diabetes. Jika sudah mengalami diabetes, terlebih jika kadar gula darah cenderung tidak terkontrol, dapat muncul komplikasi pada ginjal yang disebut nefropati diabetik.

Inilah alasan mengapa kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Beberapa makanan tinggi gula diantaranya:

– Kecap manis

– Permen

– Cokelat

– Es krim

– Sereal

4. Fosfor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *