Cara Mengenali Ciri-ciri Sakit Jantung yang Wajib Diwaspadai

Ciri-ciri Sakit Jantung yang Wajib
Ciri-ciri Sakit Jantung yang Wajib Diwaspadai--Pixabay

JAKARTA — Penyakit jantung merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan dan tidak berfungsi dengan baik. Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung tidak berfungsi dengan baik.

Gangguan tersebut bisa bermacam-macam dan ditangani dengan cara yang berbeda pula. Dilansir dari alodokter, berikut ciri-ciri sakit jantung pada umumnya hampir sama, meskipun jenis penyakitnya berbeda.

Bacaan Lainnya

1. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat akibat adanya plak atau penyumbatan di pembuluh darah jantung. Kondisi ini membuat fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

2. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung terhambat akibat penumpukan plak atau aterosklerosis. Penyakit jantung koroner umumnya ditandai oleh rasa tidak nyaman, nyeri, atau rasa tertekan di bagian dada.

3. Aritmia

Aritmia terjadi ketika terjadi gangguan pada irama jantung. Kondisi ini menyebabkan jantung berdetak secara tidak beraturan, terlalu lambat, atau terlalu cepat, sehingga tidak dapat memompa darah dengan baik.

4. Fibrilasi atrium

Fibrilasi atrium merupakan salah satu jenis gangguan irama jantung yang ditandai dengan denyut jantung lebih cepat dari kondisi normal. Denyut jantung normal adalah 60–100 kali per menit. Sedangkan pada kondisi fibrilasi atrium, denyut jantung lebih dari 100 kali per menit.

5. Gagal jantung

Pos terkait