5 Obat Alami Ini Diklaim Sembuhkan Batuk

5 Cara Ampuh Redakan Batuk dalam
5 Cara Ampuh Redakan Batuk dalam Hitungan Menit--Freepik/jcomp--

JAKARTA — Konsumsi obat batuk alami dapat meringankan keluhan batuk. Ternyata ada beberapa obat batuk alami yang mudah ditemukan dan cukup efektif meredakan batuk.

Namun, penggunaannya perlu diperhatikan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dilansir dari alodokter, sebagian besar batuk ringan akan sembuh dengan sendirinya.

Bacaan Lainnya

Berikut obat batuk alami sederhana yang mudah didapat:

1. Madu

Anda dapat mengambil manfaat madu sebagai obat batuk alami sederhana. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu bermanfaat untuk meredakan batuk. Zat ini bahkan dipercaya memiliki efektivitas seperti dextromethorphan yang kerap digunakan untuk meredakan batuk kering.

Cara memanfaatkan madu sebagai obat batuk alami cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh herbal yang telah diseduh. Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon ke dalam minuman tersebut sesuai selera.

2. Air garam

Jika batuk disertai tenggorokan gatal, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Anda cukup campurkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur. Air garam dapat meredakan tenggorokan yang gatal sekaligus bersifat sebagai antiseptik, sehingga batuk dapat teratasi atau hilang.

Meski mampu meredam batuk, obat batuk alami sederhana ini tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak berusia di bawah 6 tahun. Di usia itu, anak belum bisa berkumur dengan baik.

3. Jahe

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami sederhana, Anda bisa membuat teh jahe dengan merebus beberapa iris jahe. Lalu minumlah air rebusan jahe tersebut selagi hangat. Jahe tidak hanya dapat dijadikan sebagai obat batuk alami. Tanaman rimpang ini juga bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mual saat terkena flu.

4. Daun mint

Kandungan mentol dalam daun mint (peppermint) dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengonsumsi teh daun mint saat batuk.

Pos terkait