5 Cara Bersihkan Paru-paru dengan Cara Alami, Ternyata Mudah Banget

5 Bersihkan Paru-paru Alami dengan Cara Alami
5 Bersihkan Paru-paru Alami dengan Cara Alami--Freepik/Checking x-ray

JAKARTAParu-paru yang kotor ternyata bisa dibersihkan lho. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan paru-paru menjadi kotor dan tidak sehat Paru-paru yang kotor ternyata bisa disebabkan oleh berbagai hal di antaranya asap rokok, debu, zat beracun, dan virus maupun bakteri

Partikel-partikel tersebut bisa masuk ke paru-paru saat Anda menghirup udara yang terkontaminasi. Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah cara membersihkan paru-paru anda yang kotor.

Bacaan Lainnya

1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan sel di paru-paru yang dapat memicu penyakit, seperti PPOK dan bahkan kanker paru.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin cepat seseorang berhenti merokok, peluang paru-paru untuk sembuh semakin besar dan risiko mengalami kerusakan paru-paru permanen akan lebih rendah.

Oleh karena itu, jika ingin membersihkan paru-paru, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berhenti merokok.

2. Menghindari asap rokok

Meski tidak merokok, sering menghirup atau terpapar asap rokok juga bisa membuat paru-paru menjadi kotor. Ini karena asap rokok yang keluar dari mulut dan rokok yang dibakar mengandung ratusan racun yang berbahaya jika terhirup. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari sering berada di dekat orang yang sedang merokok.

3. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayuran. Hal ini karena antioksidan memiliki efek antiradang yang dapat melindungi dan menurunkan risiko kerusakan pada organ tubuh, termasuk paru-paru.

Pos terkait