EKONOMI

Cabai Merah Hingga Daging Ayam Mahal , Jelang Tahun Baru

SUKABUMI – Setelah kemarin Natal dan sekarang menyambut tahun baru, sejumlah komoditas bahan pangan di pasar tradisional di Kota Sukabumi terus mengalami kenaikan harga.

Pantauan Radar Sukabumi kenaikan harga tersebut cukup signifikan, lantaran permintaan yang melonjak. Sedangkan stok yang ada tidak mencukupi.

Salah seorang pedagang sayur dan bumbu dapur di Pasar Gudang, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Eha membenarkan hal itu. Menurutnya, yang paling signifikan kenaikannya terjadi pada bawang merah dan cabai merah lokal.

“Harga cabai merah untuk sekarang itu Rp45 ribu per kilogram (kg) dari awalnya Rp35 ribu per kg, dan bawang merah dari harga Rp30 ribu per kg kini naik menjadi Rp48 ribu per kg. Kenaikannya cukup signifikan dibandingkan sejak beberapa pekan terkhir ini terutama semenjak Natal,” ucap Eha kepada Radar Sukabumi, Senin (30/12).

Selain cabai merah lokal dan bawang merah, kenaikan harga juga terjadi pada sejumlah bumbu dapur lainnya seperti bawang putih dari harga Rp24 ribu per kg kini naik menjadi Rp28 ribu per kg. Tomat besar dari harga Rp8 ribu per kg, kini naik menjadi Rp10 ribu per kg, cabai merah TW dari harga Rp25 ribu per kg sekarang naik menjadi Rp38 ribu perkilogram, cabai rawit hijau dari harga Rp20 ribu per kg naik menjadi Rp30 ribu per kg.

Sementara cabai rawit domba dari harga Rp40 ribu naik menjadi Rp48 ribu per kilogramnya.

Eha menambahkan, selain karena adanya permintaan konsumen yang meningkat lantaran libur tahun baru, kenaikan harga ini juga dipicu musim hujan yang melanda sejumlah daerah.

“Mayoritas harga pangan mengalami kenaikan, tapi tidak terlalu tinggi untuk tahun ini dibandingkan tahun kemarin di mana cabai merah sampai Rp80 ribu kenaikannya,” ungkapnya.

Tidak hanya bumbu dapur, sejumlah bahan lainnya yang juga mengalami kenaikan salah satunya daging ayam potong. Pantauan Radar Sukabumi, harga daging ayam potong saat ini dikisaran Rp36-38 ribu perkilogramnya. (wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button