Cabai dan Bawang, Harga Mulai Stabil

Salah seorang pedagang sayuran saat memperlihatkan bawang putih yang dijualnya.

Kebutuhan pangan menjelang Idul Fitri tahun ini tampaknya bakal tercukupi. Harga bahan pangan pokok seperti beras, telur, daging ayam, daging sapi hingga aneka cabai dan bawang merah juga dikatakan cenderung stabil. Bahkan beberapa komoditas yang sempat dikhawatirkan akan bergejolak seperti cabai harganya malah cenderung turun. Bawang Putih yang beberapa pekan lalu sempat melonjak, hingga menjelang Idul Fitri sudah kembali normal.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Hortikultura Kementerian Pertanian (Ke­mentan) Moh Ismail Wahab memastikan bahwa pasokan cabai dan bawang merah selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri sangat mencukupi. Hampir seluruh sentra besar cabai di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur memasuki panen raya.

Bacaan Lainnya

Demikian pula dengan bawang merah, panen terjadi di sentra-sentra besar seperti Brebes, Cirebon, Pati, Kendal, dan Malang. “Bahkan Nganjuk saat ini terjadi panen raya 1.000 hektar lebih,” terang Ismail sebagaimana dikutip dari Fajar.co.id (Jawa Pos Group), Minggu (2/6)

Menurutnya, pasokan cabai dan bawang merah sangat mencukupi. Harga juga terpantau stabil. Bahkan untuk cabai rawit harganya rendah. Bawang merah juga normal. Untuk cabai keriting memang ada sedikit kenaikan, tapi masih dalam taraf wajar, apalagi menjelang Idul Fitri ini permintaan melonjak, sementara distribusinya terkendala ekspedisi.

Selain biaya ekspedisi yang mahal, juga jalur transportasi sedang digunakan untuk mudik. “Namun kami pastikan pasokan dan harga aman terkendali. Sebagai wujud komitmen, Kementan terus menggelar operasi pasar cabai dan bawang merah di beberapa pasar retail DKI Jakarta, bahkan di hari libur Sabtu dan Minggu ini,” tandas Ismail.

Pantauan panel harga Kementan mencatat harga rata-rata nasional tingkat konsumen untuk komoditas bawang merah di Rp 34.800 per kilogram. Harga Cabai Rawit Rp 39.300 dan Cabai Keriting Rp 37.100 per kilogram. Sementara harga di pasar eceran DKI Jakarta, bawang merah rata-rata Rp 36.600 per kilogram. Harga cabai rawit Rp 31.200 per kilogram, dan cabai keriting Rp 35.600 per kilogram. Harga bawang putih yang sempat di atas Rp 60.000 per kilogram saat ini sudah turun normal di kisaran Rp 40.000 per kilogram.

Ketua Asosiasi Champion Bawang Merah Indonesia Juwari saat dikonfirmasi menyebut pasokan bawang merah di sentra-sentra besar sangat mencukupi. Harga bawang di tingkat petani untuk rogol ukuran sedang Rp 18.000 sementara yang besar Rp 20.000 per kilogram. Harga tersebut sangat ideal bagi petani maupun konsumen. “Harga di pasar induk antara sekitar Rp 25.000 per kilo, sementara di eceran Jakarta sekitar Rp 35.000 – Rp 38.000 per kilo. Harga sangat stabil kok,” terang pria asal Brebes yang terkenal sebagai tokoh bawang merah nasional tersebut.

Juwari menganggap adanya kenaikan tipis harga bawang merah di pasaran menjelang Idul Fitri merupakan hal yang sangat wajar sebagai akibat kendala transportasi musim mudik lebaran. “Pedagang sebagian terpaksa menunda pengiriman karena terkendala transportasi macet akibat adanya jalur contra flow. Para pengirim dan pedagang besar juga sudah mulai tutup dan meliburkan karyawannya menjelang idul fitri,” imbuhnya.

Sementara Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid mengatakan, tahun ini produksi cabai baik rawit maupun keriting melimpah sehingga menyebabkan harga cenderung rendah di tingkat petani. Kecuali untuk cabe jenis TW atau terompet harga naik hingga tembus 40 ribu per kilo namun kebutuhannya tidak sebanyak jenis keriting atau rawit.

Puasa dan lebaran tahun ini, lanjutnya, berkah bagi konsumen karena pasokan cabai mencukupi. Tak lagi ada gejolak cabai seperti tahun-tahun silam. “Justru yang perlu menjadi perhatian saat ini bagaimana harga di petani bisa makin membaik dan menguntungkan,” kata Hamid. Pihaknya mengapresiasi upaya Kementan membantu petani cabai di sentra-sentra besar seperti Tuban, Blitar, dan Kediri.

Editor : Fadhil Al Birra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *