BMM, Bakrie Amanah dan Bank Muamalat Resmikan Rumah Berkah Mualamat Untuk Negeri di Sukabumi

Bank Muamalat for Radar Sukabumi TETAP GUNAKAN PROTOKOL KESEHATAN: Peresmian Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri di Sukabumi, Selasa (30/6/2020).

SUKABUMI – Memiliki tempat tinggal layak huni merupakan kebutuhan dasar manusia yang sejatinya harus terpenuhi, di samping kebutuhan lain seperti sandang dan pangan. Rumah sebagai tempat untuk berlindung yang dapat memberikan rasa aman. Rumah bukan saja bagus atau berkualitas dari sisi fisik bangunan, tetapi juga harus sehat, yaitu adanya ventilasi udara dan sanitasi air atau limbah yang baik.

Dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar berupa rumah yang layak huni dan sehat, diharapkan tercapai ketahanan keluarga. Namun, kemiskinan menyebabkan seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar tersebut bagi diri dan keluarganya.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Baitulmaal Muamalat dan Bank Muamalat bersama Bakrie Amanah berkolaborasi untuk mewujudkan tempat tinggal layak huni dan sehat masyarakat, khususnya bagi warga Desa Karawang dan Desa Cipetir, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Jabar) melalui program Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri.

Peresmian Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri di Sukabumi ini juga disiarkan secara online melalui aplikasi Zoom.

Dipilihnya wilayah tersebut sebagai sasaran lokasi program adalah karena sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai buruh tani, sehingga rata-rata penghasilannya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Tingkat kesehatan masyarakat juga tergolong rendah.

Masih banyak bangunan rumah yang tidak layak huni dan tidak memiliki fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK). Akibatnya, masyarakat lebih mudah terjangkit penyakit karena lingkungan rumah yang tidak sehat.

Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat, Teten Kustiawan mengucap syukur Alhamdulillah bahwa proses renovasi dan pembangunan rumah bagi warga di kedua desa tersebut yang dilaksanakan sejak Oktober 2019 hingga Mei 2020 terlaksana dengan baik, meskipun di tengah pengerjaan pihaknya dihadapkan pada wabah pandemi Covid-19.

Menurut Teten, sebanyak 34 Kepala Keluarga (KK) dengan kategori mustahik tercatat sebagai penerima manfaat program Rumah Berkah Muamlat Untuk Negeri.

“Alhamdulillah di tengah ketidakpastian wabah dan ekonomi, 34 KK di sini mendapatkan kepastian tempat tinggal yang layak dan sehat. Ini juga sebagai bukti bahwa ketika dana umat dikelola dengan amanah dan profesional dapat berkontribusi besar untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semoga para penerima manfaat dapat mensyukuri dan berbahagia atas rumah yang didapatnya, serta dapat memanfaatkan dan memeliharanya dengan baik,” tutur Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat, Teten Kustiawan melalui keterangan resminya kepada Radar Sukabumi, Selasa (30/6/2020).

Pria ramah ini menjelaskan, Program Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri juga merupakan wujud kolaborasi yang dilakukan oleh BMM, Bakrie Amanah, dan Bank Muamalat dalam beberapa kegiatan sosial, keagamaan, dan infrastruktrur.

TETAP GUNAKAN PROTOKOL KESEHATAN: Peresmian Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri di Sukabumi, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu, mewakili Bakrie Amanah, Maulana Adnan selaku Bendahara Yayasan Bakrie Amanah menyampaikan bahwa Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri merupakan proyek kolaborasi kedua di bidang infrastruktur, setelah sebelumnya membangun Jembatan Harapan Untuk Negeri di Ciamis Jabar.

“Alhamdulillah, tak ada yang tidak mungkin, dengan izin-Nya, proyek yang sudah dirintis sebelum masa Covid-19, akhirnya secara perlahan namun pasti dapat diselesaikan. Inilah hikmah sebuah kolaborasi, sesuatu yang terasa sulit bahkan tidak mungkin, akhirnya dapat maujud. Semoga bagi ke-34 penerima manfaat dari program ini menjadi berkah tersendiri dan dapat memeliharanya dengan sebaik mungkin,” ungkap Maulana.

Dalam rangka meresmikan Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri, dilakukan serah terima rumah secara simbolis kepada salah satu perwakilan penerima manfaat, yaitu Eko pada Selasa, 30 Juni 2020. Karena acara berlangsung di tengah Pandemi Covid-19, simbolis serah terima rumah diadakan tidak hanya di lokasi penerima manfaat, namun juga melalui aplikasi Zoom.

Sebagai Perwakilan Penerima Manfaat Program Rumah Berkah Muamalat Untuk Negeri, Eko mengungkapkan rasa terimakasih kepada BMM, Bakrie Amanah, dan Bank Muamalat atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah, sekarang rumah saya telah diperbaiki menjadi layak huni. Saya dan keluarga sekarang dapat tinggal dengan nyaman. Terima kasih sebesar-besarnya kepada BMM dan Bakrie Amanah, semoga selalu memberikan banyak manfaat,” ujar Eko. (*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *