Begini Cara Nabung yang Gampang

ilustrasi-pengeluaran
Mencatat berbagaai pengeluaran rutin setiap bulan. (Pexels.com)

JAKARTA – Bagi sebagian orang merasa kesulitan dalam hal menabung. Pasalnya, menyisihkan sebagian uang dari hasil pendapatan bekerja bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya tabungan akan sangat berguna jika sewaktu-waktu membutuhkan dana di masa yang akan datang, kita bisa mempergunakan dana tersebut.

Tak hanya itu saja, menabung juga dapat menumbuhkan sikap yang bertanggung jawab dan disiplin. Banyak manfaat yang didapatkan dari menabung, terutama untuk jangka panjang. Kendati demikian, sebagian orang masih ada yang merasa sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung. Seperti yang dilansir dari forbes.com pada (14/7), begini lima cara menabung yang gampang.

Bacaan Lainnya

Pertama, meninjau pengeluaran. Menahan godaan untuk tidak cepat menghabiskan uang bukanlah hal yang mudah. Menabung akan terasa sulit jika tidak tahu kemana uang tersebut dihabiskan. Maka perlu dilakukan peninjauan apa saja pada pengeluaran yang telah dilakukan.

Sesekali meninjau laporan rekening giro dan kartu kredit untuk mengetahui apa saja pengeluaran. Bila pernah berlangganan keanggotaan yang sudah tidak diperlukan lagi, bisa lakukan pembatalan pada langganan tersebut. Hal ini akan mempermudah dalam menabung.

Kedua, tentukan tujuan menabung. Bagi kamu yang ingin mulai menabung, sebelumnya pikirkan terlebih dahulu apa tujuan untuk menabung. Contohnya menabung untuk berlibur, menyiapkan dana darurat, membeli sesuatu, atau yang lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *