703.431 Tiket KAI Ludes Terjual, Jelang Libur Panjang Idul Adha

Jelang libur panjang Idul Adha 2023, ratusan ribu tiket kereta api dari Jakarta menujut beberapa daerah di Jawa ludes dibeli.-KAI-
Jelang libur panjang Idul Adha 2023, ratusan ribu tiket kereta api dari Jakarta menujut beberapa daerah di Jawa ludes dibeli.-KAI-

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 703.431 tiket kereta jarak jauh sudah ludes terjual pada periode libur panjang Idul Adha yakni Selasa, 27 Juni) s.d Minggu, 2 Juli rata-rata 117.238 tiket per hari. Jumlah tersebut berdasarkan pantauan pada Rabu (28/6).

“Jumlah tersebut 93 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia sebanyak 754.450 tiket,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6).

Bacaan Lainnya

Selain itu, KAI juga mencatat lonjakan volume pelanggan pada periode memasuki long weekend Idul Adha yakni Selasa (27/6) dimana terdapat sebanyak 159.838 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 66 persen dibanding Selasa pekan sebelumnya yang berjumlah 96.416 pelanggan.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode libur panjamg tersebut adalah Jakarta – Bandung pp, Jakarta – Purwokerto pp, Jakarta – Surabaya pp, Medan – Tanjungbalai pp, Jogjakarta – Banyuwangi pp, Bandung – Surabaya pp, dan relasi lainnya.

Lebih lanjut, Joni mengatakan jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“Pada periode long weekend Idul Adha 2023 yakni Selasa, 27 Juni s.d Minggu, 2 Juli, KAI mengoperasikan 1.340 Kereta Api Jarak Jauh. Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya yaitu Selasa, 20 Juni s.d Minggu 25 Juni sebanyak 1.322 perjalanan KA,” jelasnya.

Adapun KA-KA yang ditambah perjalanannya yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), KA Pandalungan (Gambir – Jember pp), KA Sancaka (Jogjakarta – Surabaya Gubeng pp), dan KA Kaligung (Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp).

KAI mengimbau kepada pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya. Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen libur panjang seperti saat ini.

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen long weekend Idul Adha ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali,” tandas Joni. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *