Waspada Gunung Anak Krakatau Meletus Sudah 21 Kali, Abu Menjulan 300 Meter, Begini Kondisi Terkini

Pantauan satelit yang menunjukan kondisi Gunung Anak
Pantauan satelit yang menunjukan kondisi Gunung Anak Krakatau tengah aktif, Jumat 22 April 2022. (Foto : Magma Indonesia)

JAKARTAGunung Anak Krakatau hingga malam ini, Senin 25 April 2022 masih saja memuntahkan awan abu vulkanik. Bahkan Minggu 24 April 2022 malam abunya menjulang setinggi sekitar 3.000 meter ke langit.

Gunung Anak Krakatau menyemburkan abu tebal di atas Selat Sunda yang memisahkan pulau Jawa dan Sumatera. Memaksa pihak berwenang untuk tak bosan memperingatkan warga sekitar untuk memakai masker.

Bacaan Lainnya

“Kami masih merekam letusan terus menerus dengan awan tebal yang menjulang antara 500 hingga 3.000 meter dari puncaknya,” kata Deny Mardiono dari Badan Geologi Kementerian ESDM.

Anak Krakatau telah meletus setidaknya 21 kali dalam beberapa pekan terakhir tetapi letusan hari Minggu adalah yang terbesar. Badan Geologi telah meberikan warning kepada masyarakat untuk menjauh dari zona eksklusi 2 kilometer di sekitar gunung berapi yang saat ini memasuki level 2.

“Masyarakat, termasuk wisatawan, harus mematuhi rekomendasi dari Badan Geologi, yang melarang siapa pun berada dalam radius dua kilometer dari kawah,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.