Polres Sukabumi Ringkus Sindikat Penggelapan Mobil Rental

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra saat berkomunikasi dengan salah seorang pelaku berinisial RS (24) perempuan yang dijadikan umpan untuk mencari korban untuk dicuri di Mapolres Sukabumi, Senin (25/4).

PALABUHANRATU – Polres Sukabumi berhasil membekuk 14 orang pelaku sindikat pecurian dengan kekerasan dan penggelapan spesialis mobil rental di Sukabumi.

Dari 14 pelaku, satu diantaranya adalah seorang perempuan muda berinisial RS (24).

Bacaan Lainnya

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan mengatakan, pelaku beraksi di 15 titik Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tidak hanya beraksi di Sukabumi, tetapi juga di luar daerah, mulai Bogor, Banten, hingga Jakarta.

“Pengakuan mereka (pelaku, red.) beraksi di 15 TKP, di Jabar-Jakarta. Pelaku ini membagi perannya saat melancarkan aksinya, ada yang beraksi memetik dan ada yang berperan sebagai penadah,” ujar I Putu kepada awak media saat menggelar Pers Rilis di Mapolres Sukabumi, Senin (25/4).

I Putu menjelaskan, saat beraksi pelaku tidak segan melakukan kekerasan terhadap korbannya. Saat pelaku sudah mendapatkan mangsa atau korban, maka mereka membagi tugas masing-masing.

Termasuk RS, yang berperan sebagai pemesan kendaraan sekaligus menjadi umpah untuk menggaet korbannya.

“RS ini memesan mobil rental, kemudian di titik yang sepi pelaku memperdaya korban, sehingga ketika dalam kondisi lengah mobil dilarikan oleh pelaku,” ucapnya.

Lanjut I Putu, bahkan, korban diajak ke hotel untuk berisitirahat. Ketika korban lengah, saat itulah pelaku lalu pura-pura meminjam mobil atau mau ambil barang.

Padahal mobil tersebut dilarikan oleh pelaku.

“Kalau misalkan sopir ini terjaga, mereka tidak segan sikat di jalan, dibekap lalu diikat, dan mobil dirampas, terkait kekerasan itu ada dua kejadian,” tandasnya. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.