Tunda Dulu Jika Belum Siap

JAKARTA – Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Tapi mahalnya harga rumah sering sekali tak bisa dikejar dengan pendapatan atau gaji. Akibatnya, banyak yang gegabah membeli rumah lantaran takut jika harganya akan terus melambung.

Mengutip situs resmi cermati.com, sebaiknya membeli rumah perlu diurungkan atau ditunda jika belum siap dengan masih memiliki lima hal ini.

Pertama, didorong hawa nafsu beli rumah terburu-buru. Menerima saran dari orang tua atau bahkan orang-orang terdekat merupakan salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan saat membeli rumah. Namun di luar hal tersebut, keinginan untuk membuktikan keberhasilan dalam karier (penghasilan) terhadap orang lain, juga bisa saja menjadi alasan rencana itu.

Tekanan seperti ini kerap datang dari lingkungan, di mana pencapaian karier sering dilihat dari kepemilikan aset seseorang. Jika kamu akan membeli rumah karena alasan-alasan tersebut, maka kamu belum benar-benar siap untuk memiliki aset yang satu ini. Membeli rumah haruslah dilakukan dengan penuh pertimbangan, terutama jika akan dilakukan secara kredit.

Kedua, sangat jauh dari akses lokasi kerja. Bekerja dan tinggal di kota yang padat, tentu kamu akan sulit mendapatkan rumah di area tersebut. Artinya, jika kamu berniat untuk segera membeli rumah dengan harga murah, maka lokasi yang kamu dapatkan mungkin saja jauh dari lokasi kerja saat ini.

Perumahan pada umumnya berada di pinggiran kota yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Saat kamu membeli rumah di lokasi ini, maka kamu akan pindah dan tinggal di kawasan tersebut, yang tentunya cukup jauh dari tempat kerjamu. Jika kamu tidak siap dengan konsekuensi pindah tersebut, maka kamu tidak benar-benar siap untuk membeli rumah.

Ketiga, kondisi keuangan belum siap. Cicilan KPR yang harus dibayar akan menjadi beban pengeluaran bulanan. Jika ternyata kondisi keuangan tidak memadai untuk uang muka dan cicilan, maka kamu belum siap untuk membeli sebuah rumah.

Keempat, pembayaran cicilan masih dirasa berat dan terakhir biaya perawatan.

Membeli rumah bukan seperti membeli sayur, karena membutuhkan dana cukup besar, sehingga jika salah bisa mempengaruhi kondisi keuangan kamu secara keseluruhan. Jadi pahami dengan baik hal tersebut sejak awal, sehingga kamu benar-benar siap untuk membeli dan memiliki sebuah rumah impian.

 

(mys/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.