Sidang Isbat Idul Adha 1445 Hijriah Ditentukan 7 Juni

Sidang Isbat
Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 Hijriah pada 12 April 2021 mendatang.

JAKARTA — Untuk menentukan awal DZulhijah 1445 H, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat pada 7 Juni 2024. Sidang isbat ini juga sebagai penentu Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 10 Zulhijah.

Rencananya, dalam sidang isbat ini, Kemenag akan mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta tim Hisab Rukyat Kemenag.

Bacaan Lainnya

“Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam Rapat Persiapan Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H, Selasa 28 Mei 2024.

Alur sidang Isbat Awal Zulhijah akan dimulai dengan seminar hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah. Seminar diikuti perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan.

Setelah Magrib, acara dilanjutkan dengan Sidang Isbat secara tertutup. Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Dzulhijah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib melaporkan, berdasarkan data hilal, pada hari sidang isbat nanti, posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mensyaratkan tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *