Senin, SMP dan Paket B di Sukabumi Gelar Asesmen Nasional

  • Whatsapp
Yemmy Yohanni
Sekretaris Disdikbud Kota Sukabumi, Yemmy Yohanni

SUKABUMI – Simulasi Asesmen Nasional (AN) jenjang SMP dan Paket B di Kota Sukabumi akan digelar mulai Senin-Kamis (4-7/10). AN ini adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.

Evaluasi tersebut menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Dimana, AN merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN) yang akan diikuti tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaa AN dapat dilakukan dengan baik sesuai regulasi dan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi, Yemmi Yohanni mengatakan Kota Sukabumi sudah siap melaksanakan AN. Hal ini lantaran sebelumnya Disdikbud sudah menggelar simulasi AN baik untuk jenjang SD dan juga jenjang SMP.

“Insya Allah sudah siap, khususnya untuk sarana dan prasarananya termasuk komputer dan jaringan internet. Untuk SMP mayoritas mereka mandiri. Tetapi bagi sekolah yang tak memiliki komputer, bisa nebeng ke sekolah lain,” terangnya.

Adapun pelaksanaan AN jenjang SMP diikuti sebanyak 4841 siswa dari 46 sekolah negri dan swasta. Sementara Paket B diikuti 685 siswa dari 13 sekolah.

“AN untuk tingkatan SMP dan Paket B dari tanggal 4-7 Oktober 2021 dan tingkat SD pada November 2021,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *