Satlantas Polres Sukabumi Siapkan 16 Titik CCTV Pantau Pemudik

CCTV-Sukabumi

SUKABUMI – Menjelang mudik lebaran dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Satlantas Polres Sukabumi menyiapkan berbagai skema untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Bagus Yudo Setyawan mengatakan, selain pemetaan daerah rawan kemacetan di jalur mudik dan wisata, pihaknya juga telah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang akan digunakan apabila ada pengalihan arus ketika terjadi kepadatan kendaraan.

Bacaan Lainnya

“Termasuk telah mempersiapkan sarana prasarana rekayasa arus lalu lintas seperti water barier, tolo-tolo, spanduk imbauan, dan rambu portable.

Kemudian menyiapkan pos pelayanan lalu lintas, pos terpadu, dan pos pengamanan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2022 di wilayah hukum Polres Sukabumi,” ujar Bagus kepada Radar Sukabumi, Rabu (20/4).

Ia menjelaskan, pos ini selain untuk mengatur dan mengamankan arus lalu lintas, juga bisa dimanfaatkan oleh pemudik yang mencari berbagai informasi.

Mulai dari kondisi arus lalu lintas, tempat pengisian BBM dan lainnya. “Termasuk lokasi istirahat atau tempat ibadah hingga lokasi jalur alternatif,” paparnya.

Di sisi lain, guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus wisata, pihaknya menyiapkan sebanyak 16 titik CCTV melalui Area Traffic Control System yang berfungsi sebagai pemantauan dan menghindari titik kemacetan di sejumlah titik rawan macet.

Layanan prima yang diberikan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik dan wisata ini, dijelaskan langsung oleh Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polres Sukabumi, Aipda Deny Ferdianto, di ruangan control system Polres Sukabumi.

“16 titik CCTV itu akan dioptimalkan untuk kontrol management lalu lintas bagi petugas yang melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik maupun arus wisata,” ucap Deny.

Adapun 16 titik yang dipasang CCTV itu, di antaranya 9 area jalur utara dan sebagaian jalan Nasional menuju Kabupaten dan Kota Sukabumi. “Dari mulai keluar tol Cigombong hingga Simpang Cibadak, Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Selain berfungsi dalam arus mudik, CCTV ini pun di maksimalkan di jalur wisata yang berada di sepanjang pantai Kabupaten Sukabumi. Ada 7 titik CCTV juga untuk memantau arus wisata di sepanjang jalur wisata dari mulai Palabuhanratu hingga Wisata Geopark Ciletuh.

“16 titik CCTV yang terpasang di wilayah hukum Polres Sukabumi ini, memudahkan para perwira pengendali untuk memantau dan mengatur pergeseran anggota kepolisian dalam mengurai kepadatan arus lalu lintas,” tandasnya. (ris/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.