Reda Varian Delta, Muncul Varian Covid-19 Mu yang disebut Kebal Vaksin, Ini Penjelasan Satgas

  • Whatsapp
Varian Delta
Ilustrasi Virus Varian Delta (Foto : Jawapos)

JAKARTA — Belum reda virus Covid-19 varian delta gelombang kedua yang diketahui telah menyebar di Indonesia dan sejumlah negara dunia. Namun sekarang dunia juga menghadapi varian baru lagi bernama Mu.

Varian Delta sebelumnya disebut sangat berbahaya, dan baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengklasifikasikan Varian Mu juga berbahaya. WHO juga memperingatkan varian MU punya potensi kebal akan vaksin Covid-19.

Bacaan Lainnya

Varian Covid-19 itu telah tersebar ke 40 negara hingga saat ini. Salah satu negara yang baru saja mengidentifikasi kasus pertama dari varian Mu adalah Jepang.

Sementara itu Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan varian Mu ditemukan pertama kali di Kolombia. Persebarannya sudah mencakup Amerika Selatan dan Eropa.

Varian tersebut juga telah masuk dalam pemantauan, agar bisa ditentukan apakah varian bisa lebih menular dibanding virus aslinya.

“Meski sekarang situasi terlihat normal, sekarang pembukaan kegiatan ekonomi sosial telah perlahan dilakukan pemerintah. Di samping itu pemerintah melakukan pengawasan dalam dan luar negeri untuk mencegah adanya imported case,” kata Wiku.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *