Pengiriman Langsung Dana BOS Pangkas Waktu 3 Minggu

  • Whatsapp
Mendikbud, Nadiem Makarim. (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan penyaluran langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke rekening sekolah memberikan dampak positif. Keterlambatan pengiriman pun, kata dia, berkurang signifikan.

“Ini merupakan suatu reformasi,” terang dia dalam Sosialisasi Kebijakan BOS dan DAK Fisik 2021 secara daring, Kamis (25/2).

Bacaan Lainnya

Dengan pengiriman langsung, proses administrasi yang menjadi penyebab penundaan tidak terjadi lagi.

“Dampak kepada ekonomi masyarakat setiap sekolah juga sangat besar di mana sekolah punya anggaran tepat waktu dan tentunya untuk kualitas mutu pembelajaran,” tambahnya.

Adapun, waktu pengiriman menjadi 3 minggu lebih cepat dari biasanya. “Kita berhasil mengurangi keterlambatan pengiriman Dana BOS sebesar 32 persen atau dalam ukuran waktu, itu sekitar 3 minggu lebih cepat. Rata-rata 3 minggu lebih cepat dibandingkan dengan tahun 2019,” tutur dia.

Pihaknya juga melakukan survei tingkat kepuasan atas perubahan mekanisme pengiriman Dana BOS ini. Terlihat sebesar 85,5 persen responden sekolah dan 96,1 persen dari pada responden pemerintah daerah memandang penyaluran BOS langsung ke rekening sekolah ini memudahkan atau sangat memudahkan.

“Jadi ini adalah suatu terobosan yang kita lakukan sebelumnya di tahun 2020, dan ini menjadi motivasi untuk Kemendikbud terus melakukan optimalisasi daripada reformasi kebijakan anggaran,” pungkasnya. (fan)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *