Mas Menteri Keluarkan Panduan Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi, Ini Poin-poinnya

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan salat sunat Idul Adha 1441 H di Masjid Jamie Al-Wathoniyah, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jumat (31/7/20). (Foto: Humas Pemprov Jabar)

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun menerbitkan Surat Edaran Nomor SE 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di tengah Pandemi Covid-19. Menaq Yaqut menjelaskan, penerbitan panduan ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan Salat Idul Fitri. Sekaligus juga ikut membantu negara dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Edaran ini mengatur kegiatan malam takbiran dan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan di masjid dan lapangan terbuka,” ungkap Menag, Minggu (9/5/20201).

Bacaan Lainnya

Karena itu, ia meminta seluruh jajaran Kemenag agar masif mensosialisasi panduan salat Ied di tengah pandemi ini. Itu mengingat bahwa pada 11 Mei mendatang pihaknya akan menggelar sidang isbat awal bulan Syawal. “Terutama kepada pengurus masjid dan Panitia Hari Besar Islam serta masyarakat luas agar dilaksanakan sebagaimana mestinya,” terangnya.

Ini panduan Lengkap penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H/2021 M di tengah pandemi.

Pertama, malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri dalam rangka mengagungkan asma Allah sesuai yang diperintahkan agama, pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan mushola, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dilaksanakan secara terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan mushola, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

b. Kegiatan takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian.

c. Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan musalla sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan musalla.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *