Kota Sukabumi Jadi objek Riset ITB

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menghadiri kegiatan pembukaan riset kota cerdas di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia’ ke-3 tahun 2019. Kota Sukabumi, salah satu kota yang menajdi lokasi riset lembaga tersebut.

Hal tersebut diungkapkan, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi. Menurutnya, selama tiga bulan kedepan, ITB bakal melakukan riset di Kota Suakbumi tentang kota cerdas di Indonesia. “Riset sedang dilakukan 3 bulan ke depan nanti kita akan lihat hasilnya seperti apa dan kelemahanya Kota Sukabumi seperti apa di titik itu akan diperbaiki,” jelasnya, Jumat (12/7).

Bacaan Lainnya

Program tersebut, lanjut Achmad Fahmi, merupakan kerjasama antara ITB dan Asosiasi Persatuan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Dengan harapan, seluruh kita di Indonesia menerapkan pembangunan yang berbasih teknologi. “Rating kota cerdas ini bagaimana ITB bekerjasama dengan Apeksi untuk melakukan riset dan peneltian terkait kota-kota dalam kehidupan pembangunan daerah, khususnya di bidang teknologi,” terangnya.

Selain itu, Kompetisi ini sendiri mendukung transformasi menuju smart X dengan target peserta organisasi pemerintah daerah maupun startup. “Jadi, bukan untuk mencari siapa juara dan siapa tidak juara tetapi bagaimana kebijakan Kota di seluruh Indonesia meningkatkan kualitas pembangunan,” ujarnya.

Adapun riset yang bakal dilakukan di Kota Sukabumi, akan dimulai dari Juli hingga Nopember 2019 mendatang. Riset dan Rating Kota Cerdas ini adalah untuk mengetahui progres pengembangan kota di Indonesia, terkait dengan peningkatan kualitas hidup kota melalui upaya solusi cerdas. “Kita lihat nanti hasil risetnya sepeti apa untuk menajdi motivasi kita lebih baik lagi sehingga kota sukabumi merupakan kota yang menerapkan pembangunan berbagai teknologi,” pungkasnya.

(upi/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.