Jumsih, Puluhan PKL di Kota Sukabumi Bersihkan Lapang Merdeka

Lapang Merdeka Kota Sukabumi
Sejumlah PKL saat menggelar aksi bersih-bersih di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Jumat (13/1).

SUKABUMI – Sejumlah Pedagang Kali Lima (PKL) yang tergabung dalam Komunitas Pedagang Lapang Merdeka Sukabumi (KPLS), kembali menggelar aksi Jumat Bersih (Jumsih). Hal itu, dilakukan sebagai bentuk kepedulian pedagang terhadap lingkungan sekitar.

Salah seorang PKL Lapang Merdeka, Zulfikar mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin dan tanpa paksaan dari para pedagang. Hal ini, dilakukan sebagai kesadaran untuk menjaga kebersihan di Lapang Merdeka.

“Kegiatan Jumat bersih ini, merupakan kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan di lingkungan lapang merdeka dan kebersihan ini bagian dari pada iman,” kata Zulfikar Kepada Radar Sukabumi, Jumat (13/1).

Tidak hanya hari Jumat, sambung Zulfikar menjaga kebersihan di lingkungan Lapangan Merdeka ini dilakukan setiap hari oleh para pedagang. Di mana, lapak yang biasa ditempati para pedagang, wajib bersih dari sampah.

Sehingga pengunjung yang datang untuk berbelanja bisa nyaman dan tidak terkesan kumuh. “Kebersihan ini memang sudah menjadi kewajiban sebagai para pedagang, dan kami mengajak kepada setiap pengunjung lapang merdeka untuk sama-sama menjaga kebersihan demi kenyaman semua,” ujarnya.

Lanjutnya, para pedagang ini sepakat membentuk komunitas, sebagai wadah para pedagang khusus di Lapang Merdeka untuk mempermudah komunikasi agar para pedagang lebih terakomodir.

“Hal ini juga untuk menjaga keamanan para pedagang, karena para pedagang pernah mengalami kehilangan, kami membuat jadwal piket malam, secara bergantian,” bebernya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat membuat para pengunjung tetap nyaman saat berkunjung di Lapang Merdeka. “Semoga dengan adanya aksi bersih-bersih ini bisa membuat nyaman para pengunjung,” harapnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *