Jika Bersedia Antarkan Lansia ke Lokasi Vaksin, Warga Kota Sukabumi Bakal Diberikan Gratis Vaksin

VAKSIN: Sejumlah lansia sedang melakukan Vaksinasi di Gedung Juang 45, Rabu (19/5). (Foto:ikbal/radarsukabumi)

SUKABUMI — Bagi warga masyarakat yang mengantarkan warga lanjut usia (lansia) diatas 60 tahun sebanyak dua orang akan mendapatkan reward dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.  Hadiahnya, warga yang mengantarnya akan diberikan suntikan vaksinasi covid-19.  program tersebut dalam upaya mendorong para lansia agar melakukan vaksin covid-19.

“Jika non lansia usia 18 sampai 59 tahun itu mengantarkan lansia untuk vaksin. Kita akan berikan vaksinasi gratis untuk non lansianya,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati kepada Radar Sukabumi, Rabu (19/5).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Lulis target seluruh lansia harus mendapatkan Vaksinisai Covid -19. Untuk datanya sendiri, pihaknya sedang melakukan pendataan secara riil jumlah lansia di Kota Sukabumi.

“Kalau data dari pemerintah pusat itu  38.116 orang, sedangkan data dari Disdukcapil  itu sekitar 33 ribu orang lansia. Kita sedang mendata riil jumlah lansia. Karena rata-rata data dari pusat itu, jumlah lansia di setiap daerah terlalu kebanyakan,” bebernya.

Sementara itu, untuk pelayanan vaksinasi yang dilakukan oleh Dinkes dengan total sebanyak 6 lokasi diantaranta, Gedung Juang 45, puskesmas Baros dan Limusnunggal, di kantor Kecamatan  Lembursitu, Citamiang, dan Warudoyong.

“Target pelayanan vaksinasi untuk

lansia itu setiap harinya di setiap titik mencapai 500 hingga 750 orang. Kalau di gedung juang mencapai 1200 peserta setiap harinya,” jelasnya.

Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan secara online, langsung atau melalui kader Posyandu. Untuk pelaksanaannya sendiri di Gedung Juang dilakukan setiap hari Selasa sampai Jumat, sedangkan di puskesmas dan kantor itu Rabu dan Kamis. (bal/d)

Pos terkait