Induk Ular Kobra Diburu

Cara Mengusir Ular

Ular adalah hewan reptil yang bisa ditemukan di mana saja. Meskipun Anda tinggal di perkotaan dan jauh dari hutan maupun sungai, tetap saja rumah Anda berisiko untuk dimasuki ular. Ini dan tips untuk mencegah ular datang kembali.

Bacaan Lainnya

1. Wewangian (Parfum)

Banyak orang yang percaya bahwa cara mengusir ular yang benar adalah dengan menaburkan garam. Mitos ini dipercaya karena banyak yang menyangka bahwa ular adalah hewan yang memiliki kulit berlendir. Pada kenyataannya, ular adalah hewan dengan kulit bersisik. Reptil ini tidak takut terhadap garam. Benda yang justru dapat membuat ular kabur adalah wewangian. Jika ular masuk ke dalam rumah, semprotkan wewangian seperti parfum atau pewangi ruangan, maka dijamin ular akan pergi dengan sendirinya.

2. Karbol.

Karbol biasanya dipakai untuk membersihkan keramik dan kloset. Efek karbol terhadap tubuh ular adalah rasa panas pada kulit yang mengakibatkan rusaknya sensor gerak ular. Ular akan langsung pergi meninggalkan rumah, tapi Anda harus hati-hati saat ular memberikan perlawanan.

3. Tanaman pengusir ular

Tidak banyak informasi mengenai tanaman pengusir ular, tapi percaya atau tidak ada sebuah tanaman yang dipercaya oleh warga setempat sebagai tanaman yang ditakuti ular. Adalah pohon drini yang saat ini keberadaannya sudah cukup langka. Meskipun tergolong langka, tetapi saat ini banyak yang membuat bonsai drini. Selain itu, ada juga tanaman lidah mertua yang konon menjadi tanaman yang sangat ditakuti ular.

4. Benda bergagang panjang

Untuk mengusir ular, gunakan benda bergagang panjang, seperti sapu atau tongkat. Cara mengusir ular dengan benda bergagang panjang ini adalah dengan mengarahkan benda ke arah ular. Jagalah jarak terhadap ular tersebut apabila Anda tidak ingin digigit ular. Giring ular dengan benda bergagang panjang ini.

5. Tali ijuk

Benda yang satu ini juga diklaim ditakuti ular karena memiliki permukaan yang kasar. Salah satu cara yang cukup worth untuk dicoba adalah dengan mencambuk badan ular dengan benda ini. Namun, sekali lagi Anda harus menjaga jarak dari ular tersebut jika tidak ingin dipatuk.

Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah

1. Jaga kebersihan rumah

Ular suka tinggal di tempat yang gelap dan lembab. Oleh karena itu, mulailah membersihkan rumah dan mengurangi barang-barang yang sudah tidak terpakai.

2. Rapikan Taman/pekarangan rumah

Jangan biarkan rumput di taman tumbuh terlalu tinggi karena tempat itu bisa dijadikan sebagai tempat tinggal ular. Segera potong rumput Anda agar tidak menjadi semak-semak yang berpotensi untuk dijadikan tempat tinggal ular.

3. Tutup semua lubang atau celah di rumah

Ular suka tinggal di tempat-tempat yang sempit. Jadi, jangan biarkan ada celah sedikit pun di rumah Anda. Misalnya, beri tutup yang cukup rapat untuk saluran pembuangan air di kamar mandi.

Mitos Seputar Ular

Sebagai hewan yang berbahaya dan ditakuti, ular adalah hewan yang tidak luput dari mitos yang beredar luas di masyarakat.

Ada hutang yang belum terbayar

Ketika ada ular masuk rumah, itu berarti salah satu orang yang tinggal di rumah tersebut pernah bernazar akan suatu hal. Permintaan atau permohonan yang diinginkan sudah terkabul, tetapi orang yang membuat nazar tersebut belum menepati “hutangnya” Keberadaan ular di dalam rumah bisa menjadi pengingat bahwa ada orang yang tinggal di rumah tersebut belum menepati nazarnya.

Ada seseorang yang menyukai Anda

Mitos lain seputar ular yang sangat santer di masyarakat adalah ada seseorang yang menyukai kita. Jika di rumah kita ada ular yang masuk, itu artinya ada lawan jenis yang menyukai kita meskipun mereka tidak mengungkapkannya secara langsung.

Ciri-ciri Ular Kobra

-Kepala besar dan tumpul dengan sisik kepala jelas dan terang
-Memiliki 2 buah sisik besar di belakang parietal (sisik ini adalah ciri khas ular kobra.
-Mata berwarna kuning muda atau perunggu.
-Badan umumnya agak ramping dan agak panjang dengan ekor meruncing pada ujungnya.
-Warna tubuhnya ada yang hitam gelap, hitam keabu-abuan, hitam-kebiruan, coklat, dan coklat
-Panjang maksimum 6 meter
-Jika terusik, ular ini akan menegakkan kepala hingga 1,5 meter lebih sambil melebarkan hood yang mirip sendok dengan suara menderu-deru.
-Ular Kobra adalah ular berbisa yang paling besar dan paling panjang di dunia.

Ular Kobra merupakan jenis ular berbisa mematikan yang ada di Indonesia. Di Indonesia, ular ini memiliki nama lokal antara lain Ular Anang/Lanang (Jawa) dan Oray Totog (Sunda). Hal yang membedakan antara ular king kobra dengan ular kobra biasa adalah king kobra tidak dapat menyemburkan bisa.

Ular Kobra dapat bertelur sebanyak 20-50 butir. Ular betina akan meletakkan telur tersebut di atas dedaunan dan ranting dengan tujuan untuk meningkatkan suhu akibat dekomposisi selama inkubasi. Telur akan menetas setalah 70-81 hari. Selama masa perawatan induknya, ular kobra sangat agresif sekali. Ular kobra aktif di siang hari (diurnal). Di alam bebas, ular ini cenderung melarikan diri ketika bertemu manusia kecuali saat menjaga telur maka cenderung melawan. Sesuai dengan namanya, ular ini memakan ular lainnya, tikus, serta memangsa hewan reptil lainnya seperti kadal dan biawak.

Pos terkait