Gelar Diklatsar, PMI Kota Sukabumi Lantik KSR Angkatan Gemuruh Alam Halimun

  • Whatsapp
IKRAR KSR: Proses pemasangan syal kepada 21 siswa Diklatsar KSR PMI Kota Sukabumi angkatan IX Tahun 2021 di Bumi Lentera Pondok Halimun Selabintana. FOTO: UNTUK RADAR SUKABUMI

SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi telah menuntaskan giat Pendidikan Latihan Dasar Korps Sukarelawan atau Diklatsar KSR Angkatan IX Tahun 2021. Kegiatan tahunan itu dihelat selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 September 2021 bertempat di Bumi Lentera, Pondok Halimun, Selabintana, Kabupaten Sukabumi.

Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Sumber Daya Manusia dan Relawan PMI Kota Sukabumi Zaini mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak Juni lalu dengan materi kelas. “Setelah materi di kelas, maka kami lanjutkan dengan materi di lapangan. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Diklatsar KSR ini dari awal hingga akhir berjumlah 21 orang,” kata Zaini kepada Radar Sukabumi di lokas Diklatsar KSR PMI Kota Sukabumi, Bumi Lentera Pondok Halimun Selabintana, Minggu (12/9).

Zaini mengungkapkan bahwa Diklatsar KSR PMI Kota Sukabumi angkatan IX dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain disiplin dalam 5M, para peserta hingga panitia serta fasilitator rutin dicek kesehatan oleh tim dari PMI Kota Sukabumi.

“Karena kita masih dalam suasana pandemi, jadi Diklatsar ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi dan disiplin dalam penerapan prokol kesehatan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Zaini yang juga Kepala Markas PMI Kota Sukabumi menyebutkan bahwa KSR Angkatan IX memiliki sebutan khusus yakni angkatan Gemuruh Alam Halimun. Nama ini dipilih oleh para siswa Diklatsar dengan maksud untuk mengenang perjuangan mereka selama berada di Pondok Halimun.

“Nantinya tugas KSR itu membantu tugas kemanusiaan yang menjadi tugas pokok PMI di semua tingkatan,” ungkap Zaini.

Zaini menambahkan, ada beberapa syarat khusus agar dapat mengikuti dan dilantik menjadi anggota KSR. Seperti syarat usia dari 17 hingga 35 tahun, mengikuti diklat tingkat dasar sebanyak 120 jam hingga mengikuti kegiatan lappangan di pelatihan.

“Insya Allah di tahun-tahun berikutnya kami kembali akan melaksanakan Diklatsar KSR. Karena kami masih membutuhkan lebih banyak relawan-relawan yang siap membantu tugas kemanusiaan PMI khususnya di Kota Sukabumi,” pungkasnya. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *