Dishub Kabupaten Sukabumi Kerahkan Srikandi Atur Lalin, Untuk Pengamanan Libur Nataru

Dishub Kab Sukabumi
Petugas Srikandi Dishub Kabupaten Sukabumi saat mengatur lalu lintas di perlintasan Jalan Raya Sukaraja, tepatnya di depan Rumah Sakit Hermina Sukaraja, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja.

SUKABUMI – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupeten Sukabumi akan memberdayakan petugas wanita yang disebut Srikandi untuk mengatur arus lalu lintas.

Hal demikian, disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Bahwa, menurutnya, berbagai upaya akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan bekrjasama dengan petugas gabungan lainnya untuk mengantisipasi kemacetan hingga kerumunan massa yang terjadi pada saat pergantian tahun.

“Hal tersebut dilakukan mengingat perayaan Tahun Baru 2021 dan libur Natal 2020 terjadi di tengah bayang-bayang pandemi Covid-19.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi selain akan menerjunkan puluhan anggota laki-laki, kita juga akan kerahkan semua anggota srikandinya, untuk bersama-sama mengatur arus lalu lintas,” kata Dedi kepada Radar Sukabumi pada Selasa (30/11).

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, untuk jumlah personel laki-laki dari Dinas Perhubungan terdapat puluhan anggota. Sementara, untuk petugas srikandi yang direncanakan untuk mengamankan libur Natal 2020 dan pergantian Tahun Baru 2021, ada sekitar 11 orang.

“Bukan hanya itu, sebelum memasuki libur Natal 2020 dan pergantian Tahun Baru 2021, petugas srikandi ini terus melakukan pemanasan.

Seperti melakukan pengaturan lalu lintas di area publik atau titik keramaian, tepatnya pada jalur keluar masuk area pabrik dan lainnya.

Jadi, bisanya untuk pengaturan lalin ini, dilakukan laki-laki. Namun, untuk sekarang kita berdayakan kaum perempuannya,” paparnya.

Dishub Kab Sukabumi
Petugas Srikandi Dishub Kabupaten Sukabumi saat mengatur arus lalu lintas di jalur protokol.

Para Srikandi Dishub, ujar Dedi, selain akan ditugaskan untuk mengatur arus lalu lintas di jalur protokol maupun titik keramaian, mereka juga akan difungsikan untuk membantu petugas gabungan untuk berjaga mengatur arus lalu lintas di sejumlah kawasan wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi

. “Untuk di kawasan wisata kami juga akan melakukan gerakan. Seperti bagi mereka yang hendak berwisata lokal di Palabuhanratu, maka harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” imbuhnya.

Sebab itu, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi nantinya selain bertugas untuk mengatur arus lalu lintas, juga akan memanfaatkan momentum tersebut dengan menggencarkan sosialisasi dan edukasi baik kepada warga maupun para pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan lainnya.

“Selain itu, kami juga berharap masyarakat agar tidak bepergian atau membuat acara di luar rumah yang dapat menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Kami imbau agar mereka untuk melaksanakan perayaan Tahun Baru di rumah saja. Selain itu juga tempat-tempat wisata juga akan kita jaga secara ketet bersama petugas gabungan,” pungkasnya. (Den)

Dishub Kab Sukabumi
Petugas Srikandi Dishub Kabupaten Sukabumi saat membantu Polres Sukabumi Kota mengatur arus lalu lintas saat bubaran buruk pabrik PT GSI Sukalarang.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *