Cuaca Ekstrem Sukabumi, Rumah Mak Ihat Ambruk

rumah Mak Ihat ambruk
Petugas gabungan saat mengevakuasi material bangunan rumah Mak Ihat yang ambruk pasca diguyur hujan deras, Rabu (12/01).

SUKABUMI – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang menyebabkan satu unit rumah warga di Kampung Pasir Angin, RT 21/07, Desa Mekarjaya, Kecamatan Caringin, ambruk pada bagian depan.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Caringin, Ahmad mengatakan, bencana alam tersebut terjadi pada Rabu 12 Januari 2022 sekira pukul 04.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Rumah yang ambruk pada bagian depannya itu, merupakan milik Mak Ihat. Karena kondisi rumahnya sudah lapuk atau tidak layak huni. Sehingga saat diguyur hujan deras dan angin kencang, bangunan depan rumahnya langsung ambruk,” kata Ahmad pada Selasa (12/01).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja akibat kejadian itu pemilik rumah telah mengalami kerugian material. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Hanya saja bangunan rumahnya mengalami kerusukan cukup berat,” imbuhnya.

Setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan petugas gabungan. Diantaranya, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pemerintah setempat. “Setiba di lokasi, kami bersama petugas gabungan langsung melakukan evakuasi material bangunan yang ambruk itu,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Caringin, untuk sementara penghuni rumah dihimbau untuk mengosongkan rumahnya.

“Selain itu, kami juga menghimbau kepada seluruh warga untuk meningkatkan kewaspadaanya. Iya, cuaca ekstrim saat ini dikhawatirkan berpotensi terjadinya bencana alam,” pungkasnya. (Den/d)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *