Alasan Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi III Molor, BPN : Tunggu Delegasi Penlok

DIGEBER : Suasana kegiatan cut and dill untuk pintu exit Tol Bocimi Seksi II, tepatnya di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.(FOTO : DENDI/RADAR SUKABUMI)
DIGEBER : Suasana kegiatan cut and dill untuk pintu exit Tol Bocimi Seksi II, tepatnya di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.(FOTO : DENDI/RADAR SUKABUMI)

“Jadi kalau target pekerjaan, kita bisa cepat. Tapi kalau target penyelesaiannya termasuk pembayaran, kita gak bisa karena kan tergantung dari yang punya uang. Iya, pembebasan lahan itu belum 100 persen, karena terhenti dengan Penlok sejak Oktober 2023 kemarin,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebelum Penlok itu didelegasikan dari Kanwil Jabar ke BPN Kabupaten Sukabumi, maka tidak boleh ada kegiatan pembayaran. Sementara, untuk kegiatan pembangunan atau rekonstruksi bisa dilakukan, khusus di lahan yang sudah dibayar atau dibebaskan.

“Jadi gini, kalau kegiatan yang Penlok itu, adalah dalam rangka pembayarannya kan di lahan. Nah, di lapangan kalau belum dibayar gak boleh didozer, artinya kalau pekerjaan fisik PUPR kalau dia sudah bayar. Makanya mereka ga berhenti. Lahan lahan yang sudah mereka bebaskan akan di didozer,” tukasnya.

“Jadi bila ada orang-orang kapan dibayarnya, jangan tanya ke kita. Karena uangnya kita gak pegang. Jadi kita hanya menyiapkan data fisik pemberkasannya, hasil ukurnya kita ajukan, karena keuangannya ada di mereka untuk pembayarannya, kita hanya menyaksikan aja. Jadi yang menyalurkan, dari pihak PUPR dari PPK dengan pihak bank misalnya,” tukasnya.

“Semua berkas untuk pembebasan lahan Jalan Tol Bocimi Seksi ini, sudah diajukan berkas-berkasnya kepada pihak ketiga, untuk menentukan harganya,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *