Akibat Mudik Dilarang, Terminal Pelabuhanratu Ditutup

  • Whatsapp
SEPI : Kondisi Terminal Palabuhnaratu Kabupaten Sukabumi yang terlihat sepi

SUKABUMI – Jelang libur hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021 Masehi, terminal Type B Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, masih landai dan belum ada lonjakan penumpang. Bahkan rencananya, layanan Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sementara waktu akan ditutup.

Koordinator Operator Terminal Palabuharatu Kabupaten Sukabumi, Asep Setiawan mengatakan, sejauh ini belum ada lonjakan penumpang. Sebab, menurutnya dengan adanya larangan mudik oleh pemerintah, pemudik banyak yang pulang kampung dengan menggunakan jasa sewa mobil.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, ada larangan AKDP – AKAP beroperasi mulai dari tanggal 6 Mei 2021 mendatang. Namun secara teknis akan dibahas terlebih dahulu pada Selasa depan di Bogor,” ujar Asep Kepada Radar Sukabumi.

Jika masih ada kendaraan AKDP dan AKAP yang beroperasi di luar terminal, dirinya menegaskan, itu di luar tanggung jawabnya. “Kalaupun ada bus yang beroperasi atau jalan 109 meter di luar terminal, itu bukan kewenangan kami,” tegasnya.

Dirinya mengaku belum mengumumkan ke pengusaha maupun sopir, karena masih ada rapat pada Selasa, 4 Mei mendatang untuk aturan dan teknisnya seperti apa. Termasuk akan mempertanyakan layanan angkutan lokal, apakah dapat beroperasi atau tidak.

“Secara detailnya hari Rabu baru diumumkan, mana saja yang boleh dan tidak beroperasi. Sebab, rapat sebelumnya masih ada perdebatan,” paparnya.

Asep mengaku, sejauh ini tidak sedikit pengusaha jasa angkutan maupun sopir yang mengadu dan keberatan atas kebijakan pemerintah. Pasalnya, mereka mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keluarganya hanya mengandalkan dari itu.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *