Airlangga Hartarto: Vaksinasi Bisa Lindungi Ibu Hamil dan Bayi dari Covid-19

  • Whatsapp
Airlangga Hartarto
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8)

JAKARTA— Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8). Airlangga didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Airlangga mengatakan, program Vaksinasi Ibu Hamil ini tidak hanya digelar di DKI Jakarta, tetapi juga di 10 provinsi dan 11 kota di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, vaksinasi untuk ibu hamil dibutuhkan untuk menjaga keselamatan generasi penerus Indonesia.

Ia mengaku pemerintah telah menyusun kebijakan vaksinasi bagi ibu hamil dengan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dan masukan BKKBN, IBI dan POGI.

BACA JUGA : Menko Airlangga : Sentra Vaksinasi Harus Disiplin Terapkan Prokes

Ibu hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya dengan kondisi medis tertentu. Tingginya risiko tersebut berdampak pada kehamilan dan bayinya.

“Vaksinasi bisa melindungi ibu hamil dan bayinya dari infeksi Covid-19,” tutur Airlangga, di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8).

Menko Perekonomian menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil mengerahkan bidan sebagai vaksinator.

Airlangga mengapresiasi inisiatif POGI, BKKBN, IBI, Salim Grup dan berbagai pihak dalam kegiatan Deklarasi Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil Indonesia.

Menurutnya, vksinasi terhadap ibu hamil menjadi salah satu akselerasi atau percepatan agar Indonesia lekas mencapai kekebalan kelompok (herd imunity).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *