Ada Wacana PUPR Bangun Tol Caringin-Cianjur, Seperti ini Rencananya

Jasa Marga-Jasa Marga
Jalan Tol/ilustasi-Jasa Marga-Jasa Marga

JAKARTA — Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sedang merampungkan pembangunan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi).

Setelah Jalan Tol Ciawi – Sukabumi tersambung, Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, dilanjutkan dengan Jalan Tol Caringin – Cianjur yang juga tersambung dengan wilayah puncak serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Lido.

Bacaan Lainnya

Menurut Hedy, rencana Pembangunan Jalan Tol Caringin – Cianjur sebagai solusi atasi Kemacetan di Puncak Bogor. Hedy menjelaskan, Kementerian PUPR juga berencana akan membangun shortcut Jalan Tol Caringin ke arah Cianjur sebagai salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak – Bogor.

“Dari Kementerian PUPR sedang membuat alternatif perencanaan, model bisnisnya, sehingga nantinya akan melihat kelayakan finansial seperti apa, serta model investasi juga harus dikedepankan,” katanya.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono juga, adanya rencana pembangunan Jalan Tol Caringin – Cianjur mudah mudahan kemacetan sepanjang 18 Km di wilayah Puncak bisa jauh berkurang.

“Kalau ini bisa didukung, kita bisa melaksanakan proses AMDAL dan FS di tahun 2023, kemudian pengadaan tanah pada tahun 2024 dan konstruksi bisa di mulai pada tahun 2026, dan mudah mudahan bisa dipercepat jika ada pemrakarsanya, namun tetap memperhatiakan tantangan yang pastinya akan banyak dalam pelaksanaan konstruksi di lapangan,” ujar Triono.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan