12 Truk ODOL di Kabupaten Sukabumi Kena Jewer

Terminal Benda Cicurug, Kabupaten Sukabumi
GELAR OPERASI: Petugas gabungan saat melakukan operasi gabungan angkutan barang di Terminal Benda Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/5).

SUKABUMI – Belasan truk Over Dimension Over Loading (ODOL) terjaring operasi gabungan angkutan barang Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dengan Satlantas Polres Sukabumi di Terminal Benda Cicurug, Selasa (24/05).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi mengatakan, operasi gabungan tersebut melibatkan 18 personel anggota Dishub dan 11 personil Polres Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Hasil yang didapat pada operasi gabungan ini, terdapat 23 kendaraan yang kami periksa. Namun, dari puluhan kendaraan itu, hanya 12 kendaraan atau truk yang dikenakan sanksi tilang,” kata Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi, Selasa (24/05).

Sementara sasaran operasi gabungan angkutan barang tersebut, petugas telah memeriksa semua kendaraan angkutan AMDK dan kendaraan angkutan hasil tambang. “Sebanyak 12 truk diberikan sanksi tilang. Lantaran, melakukan pelanggaran kelebihan muatan atau over dimension dan over loading,” tegasnya.

Operasi tersebut, sambung Dedi, merupakan program kerja bidang lalu lintas angkutan jalan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi. Hal ini dimaksudkan untuk menertibkan angkutan yang kelebihan muatan.

Kedepannya Dedi berharap, para transportasi ini dapat mentaati aturan karena dari ODOL dapat memicu dan menyebabkan terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas di jalan. Selain itu, truk ODOL juga dapat berdampak buruk terhadap kerusakan infrastuktur jalan.

“12 truk ODOL ini langsung ditindak tegas dan diberikan sanksi tilang oleh Polres Sukabumi. Kalau Dishub hanya sebagai tupoksi dalam hal kelayakan kendaraan, uji KIR dan fi sik. Seperti jika truk itu hanya bisa memuat 10 ton. Namun, setelah diuji atau diukur menggunakan alat timbang portable, telah melebihi muatanya. Ini menjadi bukti otentik untuk hakim yang memutuskan pelanggarannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dedi enggan menyebutkan bahwa operasi truk ODOL dilakukan sebagai respons dari aksi demonstrasi warga yang memblokade Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor yang berada di wilayah Benda Cicurug. Sebab, kondisi jalan yang bergelombang kerap kali memakan korban luka hingga jiwa.

Menurutnya, operasi tersebut sudah diagendakan oleh Dishub. Namun baru terlaksana karena pada hari sebelumnya sedang fokus untuk giat pengamanan lalu lintas pada hari libur panjang Idulfi tri dan libur panjang.

“Saya rasa kegiatan ini, bukan karena desakan masyarakat. Karena, memang ini sudah menjadi agenda pada program kami. Bahkan, operasi ini bukan yang pertama kalinya dan kemarin kita juga gelar di wilayah Cikembang.

Namun, karena kebetulan pada kemarin itu ada peristiwa kecelakaan di lokasi jalan bergelombang di Cicurug,” pungkasnya. (den/t)

Terminal Benda Cicurug, Kabupaten Sukabumi
GELAR OPERASI: Petugas gabungan saat melakukan operasi gabungan angkutan barang di Terminal Benda Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/5).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar