2019, Penataan Wisata Lokal Muara Cikaso

Kecamatan Tegalbuleud berada di salah satu wilayah Pajampangan di Kabupaten Sukabumi. Wilayah ini juga termasuk yang paling selatan dari Kabupaten Sukabumi. Secara pembagian kewilayahan Kecamatan Tegalbuleud memiliki delapan desa.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Kedelapan desa yang dimaksud antara lain, Desa Tegalbuleud, Calincing, Rambay, Bangbayang, Sirnamekar, Nangela, Bunijaya, dan Buniasih. Kecamatan yang dipimpin Camat Tegalbuleud Drs Agung Budiman dengan Sekmat Tegalbuleud, Kuswara, S.IP ini memiliki sejumlah potensi yang ada di sejumlah wilayahnya. Wilayah Pengembangan Gula Merah, Pasir Besi, dan Wisata Muara Cikaso

Salah satu potensi yang kental terlihat dan hampir merata di sejumlah desa di Kecamatan Tegal Buleud adalah gula merah. Dua staf Kecamatan Tegalbuleud, Gilang Rudiansyah di pelayanan dan Iwan Didik menerangkan gula-gula merah apabila panen tiba oleh petani desa dipetik kemudian dikumpulkan ke pengepul gula atau tengkulak. “Kemudian, oleh pengepul dijual ke Sukabumi,”katanya.

Potensi lain yang juga berkembang di Kecamatan Tegalbuleud selain gula merah ada juga galian pasir besi. Informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, manfaat pasir besi untuk kebutuhan industri cukup besar. Antara lain, bahan baku pembuaan beton, bahan baku utama dalam pembuatan pita kaset, bahan tambahan untuk filter cat, bahan dasar untuk pembuatan tinta toner pada mesin foto kopi, dan lain sebagainya. Pasir besi ini banyak dimanfaatkan di sekitaran Laut Tegalbuleud tepatnya di wilayah Desa Buni Asih.

Di samping potensi pasir besi sebagai bahan tambang di Tegalbuleud potensi lain yang juga berkembang di Kecamatan Tegalbuleud adalah wisata lokal Muara Cikaso yang berada di Desa Buni Asih. Wisata ini berupa pemandangan alam yang kerap dikunjungi turis domestik atau penduduk lokal yang hendak liburan bersama handai tolan, rekan sejawat, dan famili. Muara Cikaso ini kalau disentuh dengan bantuan investasi artinya ada investor yang melirik dan dibangun fasilitas-fasilitas wisata dapat menambah khasanah kepariwisataan Kabupaten Sukabumi.

Serupa dengan program sejumlah pemerintah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, aset wisata lokal rupanya menjadi daya tarik bagi sejumlah kecamatan untuk dimajukkan. Begitupun di Kecamatan Tegalbuleud, staf kecamatan, Gilang Rudiansyah dan Iwan Dikdik yang mendampingi Camat Tegalbuleud, Drs Agung Budiman mengatakan bahwa pada 2019 pihaknya juga bermaksud memajukan wisata lokal. Yakni, pada 2019 ingin memajukan penataan wisata lokal Muara Cikaso. “In syaa Allah pada 2019 Pak Camat ingin memajukan wisata lokal dengan Konsep Muara (penataan Muara Cikaso),”tuturnya seraya berharap terwujud.

 

(dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *