Hebat, Mahasiswa Ciptakan Applikasi Mercury Detector

JAKARTA – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Dalam hal ini, Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) yang wakili oleh Marti Hitsmi dari Pendidikan Kimia sebagai Ketua, Dita Retnowati dari Teknik Informatika sebagai Anggota dan wangi pusva kartini Pendidikan Kimia sebagai anggota yang lolos dalam seleksi Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Ketiga mahasiswa Unib ini telah bersaing melawan peserta PKM Kemenristek Dikti Se-Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu dengan membawakan sebuah program yakni, Rancang Bangun Program Android sebagai detektor logam berat merkuri (Hg) portabel dan ekonomis.

“Setelah melakukan penelitian, kami akan menciptakan Aplikasi Android yang bernama Mercury Detector” yang mampu mendeteksi logam merkuri pada sampel air dan dapat di gunakan oleh masyarakat dengan mendowload aplikasinya di google Playstore,” kata Marti Hitsmi.

Kegigihan tim tersebut mampu mewakili Universitas Bengkulu bahkan Provinsi Bengkulu untuk maju dalam PIMNAS KE-31. Kegiatan Pimnas ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus sampai 2 September 2018 di Yogyakarta.

“Mohon doa serta dukungannya atas kegiatan kami ini, semoga dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya,” tutup Marti.

 

(ogi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *